Perencanaan Sekolah Ramah Anak (SRA) di SD Negeri Gebugan 01 Kecamatan Bergas Kabupaten Semarang

Main Author: Jumriyah
Other Authors: Slameto
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Magister Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana FKIP-UKSW , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/6024
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) peranserta guru; (2) peran orang tuansiswa, masyarakat dan komite dalam perencanaan sekolah ramah anak (SRA); (3) Menghasilkan sebuah perencanaan sekolah ramah anak yang partisipatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi data dan validasi pakar dan uji keefektifan produk melalui kegiatan FGD. Hasil penelitian ini adalah: (1) Peranserta guru dalam perencanaan sekolah ramah anak (SRA) antara lain dalam menyusun rencana pembelajaran dan menyajikan dalam PBM yang menyenangkan; (2) Peranserta orang tua, masyarakat dan komite dalam perencanaan sekolah ramah anak antara lain keikutsertaan dalam pembuatan rencana kerja sekolah (RKS) dan upaya penggalian dana; (3) Meghasilkan sebuah perencanaan sekolah ramah anak melalui proses EDS dan analisis swot, validasi pakar dan uji keefektifan produk melalui FGD sampai pada revisi produk perencnaan tanpa uji pemakaian dn produksi masal karena produk yang dihasilkan sebuah perencanaan tanpa implementasi.