Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) di SMK Kristen Salatiga
Main Author: | Handayani, Dwi |
---|---|
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP-UKSW
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/577 |
Daftar Isi:
- Untuk melatih siswa berpikir dan bertindak secara mandiri serta aktif dalam proses belajar mengajar, perlu digunakan model pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas siswa. Kenyataan di lapangan metode ceramah masih mendominasi kegiatan belajar mengajar di kelas. Oleh karena itu, kegiatan belajar mengajar di sekolah perlu dilakukan penelitian tindakan kelas. Salah satu model yang digunakan adalah model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah apakah dengan penggunaan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Melakukan Prosedur Administrasi Program Keahlian Administrasi Perkantoran pokok bahasan Melakukan Surat-menyurat kelas X.3 Semester 1 Tahun Pelajaran 2011-2012 di SMK Kristen Salatiga. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Melakukan Prosedur Administrasi program keahlian Administrasi Perkantoran pokok bahasan Melakukan Surat-menyurat kelas X.3 Semester 1 Tahun Pelajaran 2011-2012 di SMK Kristen Salatiga. Keberhasilan proses dinyatakan berhasil bila rata-rata aktivitas belajar siswa sudah mencapai skor lebih dari atau sama dengan 80 %. Ketuntasan hasil belajar siswa minimal 75 % dari keseluruhan siswa yang telah mendapat nilai minimal 70. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X.3 program keahlian Administrasi Perkantoran. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, tiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data penelitian ini diperoleh dari instrumen tes berupa soal tes akhir siklus I dan siklus II. Sementara itu, instrument nontes berupa lembar observasi dan angket. Analisis data tes dilakukan dengan menggunakan teknik kuantitatif, sedangkan analisis data nontes menggunakan teknik kualitatif. Hasil keberhasikan proses pada penelitian ini adalah sebelum tindakan rata-rata hasil belajar yang disapai siswa sebesar 53,52 dan ketuntasan belajar sebesar 19,35 %. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 66,41 dan ketuntasan belajar sebesar 51,7 %. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus II sebesar 93,86 dan ketuntasan belajar sebesar 100 %. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Melakukan Prosedur Administrasi program keahlian Administrasi Perkantoran pokok bahasan Melakukan Surat-menyurat kelas X.3 Semester 1 Tahun Pelajaran 2011- 2012 di SMK Kristen Salatiga.