Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered HeadTogether Diawali Brain Gym Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Tuntang

Main Author: Astuti, Yuliana Purna
Other Authors: Ratu, Novisita, Prihatini, Erlina
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Matematika FKIP-UKSW , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/5653
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together diawali Brain Gym terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 2 Tuntang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperimental). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Tuntang. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan Cluster Random Sampling, dan diperoleh sampel kelas VII F sejumlah 34 siswa sebagai kelas eksperimen, dan kelas VII G sejumlah 35 siswa sebagai kelas kontrol. Desain penelitian ini menggunakan The Randomized Control Group Pretest-Postest Design dengan kemampuan awal kedua kelas sama. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi dan tes, dengan soal tes yang berbentuk pilihan ganda. Teknik analisis data uji normalitas menggunakan uji Shaphiro-Wilk, uji homogenitas dengan menggunakan Levence dan uji beda rerata dengan menggunakan independent sample t-test yang ketiganya dilakukan pada taraf sig 5% dengan SPSS sebagai alat bantu perhitungannya. Uji beda rerata terhadap hasil belajar menghasilkan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, sehingga H0 ditolak yang berarti terdapat perbedaan rata-rata antara kedua kelompok sampel dan karena rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi (75) dibandingkan dengan rata-rata kelas kontrol (67), maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together) diawali Senam Otak (Brain Gym terhadap hasil belajar matematika.