Perbedaan Model Pembelajaran Kooperatif Numbered Heads Together, Think Pair Share dan Konvensional Terhadap Hasil Belajar matematika Siswa Kelas VIII SMP Kristen 2 Salatiga

Main Author: Fagustina, Herlin
Other Authors: Sutriyono, Prihatnani, Erlina
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Magister Studi Pembangunan Program Pascasarjana UKSW , 2015
Subjects:
NHT
TPS
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/5649
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar matematika antara siswa yang dikenakan model pembelajaran Numbered Heads Together(NHT), model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dan model pembelajaran konvensional Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Kristen 2 Salatiga. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian siswa kelas VIII SMP Kristen 2 Salatiga Tahun Ajaran 2013/2014. Teknik pengambilan sampel dengan cluster random sampling, sampel dalam penelitian ini siswa kelas VIII.A (24 siswa),VIIIB (24 siswa) dan siswa kelas VIII.D (23 siswa). Desain penelitian The Randomized Control Group Pretest-Postest Design dengan kemampuan awal kedua kelas sampel seimbang. Kedua kelas dibagi menjadi 3 yaitu Kelas VIII.A sebagai kelas eksperimen 1 Numbered Heads Together,VIIIB sebagai kelas eksperimen 2 yaitu dan Think Pair Share, kelas VIII.D sebagai kelas kontrol yaitu konvensional. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi dan tes, dengan soal tes pilihan ganda. Teknik penguji hipotesis yang menggunakan uji Anova, uji lanjut Pasca Anava dengan metode scheffe pada taraf signifikan 5% dengan uji prasyarat yaitu uji normalitas menggunakan uji Shaphiro-Wilk. Hasil analisis Uji Anova nilai signifikan 0,027 yang berarti nilai signifikan lebih besar 0,05, maka ada perbedaan model Numbered Heads Together, Think Pair Share dan konvensional. Dilakukan uji lanjut pasca Anova metode scheffe bahwa Nilai signifikan antara Numbered Heads Together dan Think Pair Share sebesar 0,023 < 0,05 karena rata-rata Numbered Heads Together (80,58) lebih tinggi daripada rata-rata nilai Think Pair Share (78,83) maka siswa Numbered Heads Together lebih baik. Nilai signifikan antara Numbered Heads Together dan dan Kontrol 0,006 < 0,05 dan karena rata-rata nilai Numbered Heads Together (80,58) lebih tinggi daripada rata-rata nilai kelompok kontrol (74,61) maka siswa Numbered Heads Together lebih baik. Nilai signifikan antara Think Pair Share Kontrol sebesar 0,009 < 0,05 dan karena rata-rata nilai Think Pair Share (78,83) lebih tinggi daripada rata-rata nilai kelompok kontrol (74,61) maka siswa Think Pair Share lebih baik.