Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Inside Outside Circle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa pada Materi Bilangan Bulat Kelas VII SMP Negeri 1 Bringin Tahun 2014/ 2015
Main Author: | Yunitasari, Dian Tri |
---|---|
Other Authors: | Wahyudi, Yunianta, Tri Nova Hasti |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Matematika FKIP-UKSW
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/5645 |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran kooperatif tipe inside outside circle pada materi bilangan bulat kelas VII SMP N 1 Bringin tahun 2014/2015. Latar belakang penelitian ini adalah (1) hasil belajar matematika siswa kelas VII rendah, (2) proses belajar mengajar tidak menggunakan model pembelajaran. Memecahkan permasalahan tersebut maka peneliti menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe inside outside circle. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Model PTK yang digunakan adalah model kemis dengan dilakukan dalam 2 siklus masing-masing 3 pertemuan dari 3 tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan dan observasi, refleksi. Variabel penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe IOC (variabel bebas), hasil belajar matematika(variabel terikat). Subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMP N 1 Bringin sebanyak 32 siswa. Teknik pengumpulan data dengan tes dan non tes (observasi). Instrumen yang digunakan adalah observasi dan tes. Teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif kompratif yaitu hasil tes antara siklus meliputi perbandingan prasiklus, siklus 1 dan siklus 2. Hasil penelitian menujukan bahwa penerapan model kooperatif tipe IOC dapat meningkatkan hasil belajar matematika yaitu ditunjukan dari ketuntasan 53% meningkat pada siklus 1 menjadi 75% dan pada siklus 2 meningkat lagi menjadi 91%. Hasil ini terjadi karena proses pembelajaran lebih aktif dan dapat percaya diri mengungkapkan pendapatnya sendiri.