Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Head Together) Berbantu Video Pada Siswa Kelas VI SD N 2 Butuh Semester Ganjil Tahun Ajaran 2014/2015

Main Author: Nugroho, Agung Tri
Other Authors: Wahyudi, Budiono, Inawati
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Matematika FKIP-UKSW , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/5641
Daftar Isi:
  • Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain menurut model Kemmis & Mc Taggart. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 2 Butuh, Kec.Tengaran, Kab.Semarang. Subyek penelitian adalah siswa kelas VI SD N 2 Butuh, Kec.Tengaran, Kabupaten Semarang tahun Pelajaran 2014/2015 sebanyak 9 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi, sedangkan instrumen penelitian adalah soal tes dan lembar observasi. Data yang dikumpulkan adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dengan berbantuan media video dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VI SDN 02 Butuh pada semester ganjil tahun pelajaran 2014/2015. Hal ini ditunjukan dari hasil belajar matematika sebelum dilakukan tindakan dan setelah melalui tindakan pada siklus 1 dan siklus 2 yang mengalami peningkatan. Hasil belajar siswa sebelum dilakukan tindakan yaitu nilai pretest sebanyak 66,67% siswa belum tuntas karena belum mencapai nilaI KKM yang telah ditentukan sebesar 70. Setelah dilakukan tindakan menggunakan model pembelajaran NHT berbantuan video hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Pada siklus 1 persentase siswa yang tuntas sebesar 77,78%, dan pada siklus 2 sebesar 88,89%. Ketuntasan klasikal yang telah ditentukan yaitu 80% telah tercapai pada siklus ke 2.