Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle “5e� Terhadap Keaktifan Belajar dan Hasil Belajar Siswa Kelas IX SMP Negeri 3 Getasan Semester I Tahun Ajaran 2014/2015
Main Author: | Thakarina, Ika |
---|---|
Other Authors: | Kriswandani, Budiono, Inawati |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Matematika FKIP-UKSW
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/5637 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran learning cycle 5E terhadap keaktifan belajar dan hasil belajar siswa kelas IX SMP Negeri 3 Getasan semester I tahun ajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasai eksperimen. Desain penelitian ini menggunakan Pretest- Postest Group Design. Pengambilan sampel dilakukan secara Claster Randum Sampling. Subyek penelitian adalah siswa kelas IX A dan siswa kelas IX B SMP Negeri 3 Getasan tahun ajaran 2014/2015. Kelas IX A berjumlah 31 anak sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas IX B berjumlah 30 anak sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa keaktifan belajar siswa memperoleh nilai signifikan 0,017<0,05. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan model pembelajar Learning Cycle “5E� terhadap keaktifan belajar siswa kelas IX SMP Negeri 3 Getasan Semester I Tahun Ajaran 2014/2015. Rata-rata keaktifan belajar siswa kelas eksperimen adalah 141,53, sedangkan keaktifan belajar siswa kelas kontrol adalah 129,16. Perhitungan analisis hasil belajar menunjukkan nilai signifikan 0,031 < 0,05. Rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen 60,121 sedangkan hasil belajar siswa kelas kontrol adalah 46,833. Terlihat dari rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih baik dibandingkan kelas kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Learning Cycle “5E� terhadap hasil belajar siswa Kelas IX SMP Negeri 3 Getasan Semester I Tahun Ajaran 2014/2015.