Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Everyone Is A Teacher Here (ETH) Terhadap Keaktifan Belajar dan Hasil Belajar Siswa Kelas IX SMP Negeri 2 Tuntang Semester I Tahun Ajaran 2014/2015

Main Author: Retnasih
Other Authors: Ratu, Novisita, Kriswandani
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Matematika FKIP-UKSW , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/5632
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif Tipe Everyone is a Teacher Here terhadap keaktifan dan hasil Belajar siswa kelas IX SMP Negeri 2 Tuntang Semester I Tahun Ajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Desain penelitian ini menggunakan model Pretest-Posttest Control Group Design. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX F yang berjumlah 31 siswa sebagai kelas ekperimen dan siswa kelas IX G yang berjumlah 30 siswa sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai sig terhadap keaktifan belajar siswa yaitu 0,044 < 0,05. Hal ini berarti H1 diterima, bermakna bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif Tipe ETH terhadap keaktifan belajar siswa kelas IX SMP Negeri 2 Tuntang. Rata-rata keaktifan kelas eksperimen 81,36 dan kelas kontrol 74,67. Hasil analisis data diperoleh nilai sig terhadap hasil belajar 0,006 < 0,05 yang berarti H1 diterima. Hal ini berarti bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif Tipe ETH terhadap hasil belajar. Nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimen 75,81 dan kelas kontrol 60,67, terlihat rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih baik dibandingkan dengan rata-rata hasil belajar kelas kontrol. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif Tipe Everyone is a Teacher Here terhadap keaktifan belajar dan hasil belajar siswa kelas IX SMP Negeri 2 Tuntang semester I tahun ajaran 2014/2015.