Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Everyone Is A Teacher Here (ETH) Terhadap Keaktifan Belajar dan Hasil Belajar Siswa Kelas IX SMP Negeri 2 Tuntang Semester I Tahun Ajaran 2014/2015
Main Author: | Retnasih |
---|---|
Other Authors: | Ratu, Novisita, Kriswandani |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Matematika FKIP-UKSW
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/5632 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif Tipe Everyone is a Teacher Here terhadap keaktifan dan hasil Belajar siswa kelas IX SMP Negeri 2 Tuntang Semester I Tahun Ajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Desain penelitian ini menggunakan model Pretest-Posttest Control Group Design. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX F yang berjumlah 31 siswa sebagai kelas ekperimen dan siswa kelas IX G yang berjumlah 30 siswa sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai sig terhadap keaktifan belajar siswa yaitu 0,044 < 0,05. Hal ini berarti H1 diterima, bermakna bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif Tipe ETH terhadap keaktifan belajar siswa kelas IX SMP Negeri 2 Tuntang. Rata-rata keaktifan kelas eksperimen 81,36 dan kelas kontrol 74,67. Hasil analisis data diperoleh nilai sig terhadap hasil belajar 0,006 < 0,05 yang berarti H1 diterima. Hal ini berarti bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif Tipe ETH terhadap hasil belajar. Nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimen 75,81 dan kelas kontrol 60,67, terlihat rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih baik dibandingkan dengan rata-rata hasil belajar kelas kontrol. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif Tipe Everyone is a Teacher Here terhadap keaktifan belajar dan hasil belajar siswa kelas IX SMP Negeri 2 Tuntang semester I tahun ajaran 2014/2015.