Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Salatiga
Main Author: | Istiqomah, Wakhidatun Nurul |
---|---|
Other Authors: | Yunianta, Tri Nova Hasti, Ratu, Novisita |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Matematika FKIP-UKSW
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/5630 |
Daftar Isi:
- Pembelajaran model konvensional di sekolah seperti pembelajaran yang berpusat pada guru dimana masih menggunakan pola satu arah dan interaksi hanya dari guru ke siswa. Siswa hanya cenderung duduk, diam dan mendengarkan guru saat mengajar di dalam kelas. Hal ini berdampak pada rendahnya hasil belajar matematika siswa. Keberhasilan proses pembelajaran dapat dilihat dari hasil belajar yang dicapai siswa, oleh karena itu diperlukan model pembelajaran kooperatif. Make a match adalah salah satu tipe pembelajaran kooperatif yang meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe make a match dalam membelajarkan kubus dan balok untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP N 7 Salatiga. Jenis penelitin ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model penelitian Kemmis dan Mc. Taggart. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII G SMP Negeri 7 Salatiga yang berjumlah 26 siswa yang terdiri dari 15 laki-laki dan 11 perempuan. Teknik pengumpulan data yaitu metode tes dengan instrumen soal uraian. Sumber data diperoleh dari hasil belajar matematika prasiklus, siklus 1 dan siklus 2. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus yaitu pada prasiklus ketuntasan belajar sebesar 50%, kemudian pada siklus 1 sebesar 65,38% dan pada siklus 2 sebesar 80,77%. Kenaikan ketuntasan dari prasiklus ke siklus 1 sebesar 15,38%, sedangkan dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 15,39%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa implementasi model pembelajaran kooperatif tipe make a match dalam membelajarkan kubus dan balok dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP N 7 Salatiga.