Pengaruh Pembelajaran Humanistik Terhadap Keaktifan Belajar dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Bringin Kabupaten Semarang Semester I Tahun Ajaran 2014/2015
Main Author: | Rofikoh, Eka |
---|---|
Other Authors: | Kriswandani, Prihatini, Erlina |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Matematika FKIP-UKSW
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/5625 |
Daftar Isi:
- Proses pembelajaran seharusnya memberikan kesempatan kepada siswa dalam mencoba pengalaman belajar secara langsung, bebas berpendapat, berpartisipasi, tidak merasa tertekan, bahkan jika membuat kesalahan tidak perlu mengalami sakit hati karena kritik dan celaan. Tujuan dari penelitan ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh pembelajaran humanistik terhadap keaktifan belajar matematika siswa kelas IX SMP Negeri 1 Bringin Kabupaten Semarang Semester I Tahun Ajaran 2014/2015; 2) pengaruh pembelajaran humanistik terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IX SMP Negeri 1 Bringin Kabupaten Semarang Semester I Tahun Ajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 1 Bringin Kabupaten Semarang Semester I Tahun Ajaran 2014/2015. Teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster Random Sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX A (30 siswa) sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas IX B (28 siswa) sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan metode angket untuk mengukur keaktifan belajar matematika siswa dan tes hasil belajar untuk mengukur hasil belajar siswa. Desain dalam penelitian ini adalah pretest-posttest control group design. Hasil penelitian diperoleh: 1) terdapat pengaruh pembelajaran humanistik terhadap keaktifan belajar matematika siswa kelas IX SMP Negeri 1 Bringin Kabupaten Semarang Semester I Tahun Ajaran 2014/2015. Hal ini ditunjukkan oleh nilai signifikan 0,026 < 0,05 yang berarti terdapat perbedaan rata-rata dari kedua kelas, dan karena rata-rata kelas eksperimen (93,73) lebih tinggi daripada kelas kontrol (87,39). 2)tidak terdapat pengaruh pembelajaran humanistik terhadap hasil belajar matematikasiswa kelas IX SMP Negeri 1 Bringin Kabupaten Semarang Semester I Tahun Ajaran 2014/2015. Hal ini ditunjukkan oleh nilai signifikan 0,462 < 0,05 yang berarti tidak terdapat perbedaan rata-rata dari kedua kelas, walaupun rata-rata hasil belajar kelas eksperimen (66,17) lebih tinggi daripada kelas kontrol (62,61).