Pembuatan Aplikasi Aksara Jepang Menggunakan AndEngine Berbasis Android
Main Author: | Sebastian, Stephen Edwin |
---|---|
Other Authors: | Somya, Ramos |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Teknik Informatika FTI-UKSW
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/5340 |
Daftar Isi:
- Bahasa Jepang di Indonesia saat ini menjadi salah satu bahasa yang menarik untuk dipelajari. Salah satu dasar dalam bahasa Jepang itu sendiri adalah perlunya mempelajari aksara Jepang, yang terdiri atas Katakana, Hiragana dan Kanji. Permasalahan yang dihadapi adalah banyaknya jumlah aksara yang ada, maupun perlunya pemahaman akan tata cara penulisan tiap aksara yang benar. Berdasarkan masalah yang ada, dibuat aplikasi aksara Jepang menggunakan AndEngine pada platform Android. Aplikasi yang dibuat menggunakan fitur animated spritedari AndEngine untuk menampilkan animasi cara penulisan yang benar, dan aplikasi dikembangkan dengan model prototyiping. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah aplikasi aksara Jepang menggunakan AndEngine pada platform Android yang dapat menampilkan animasi cara penulisan tiap aksara yang membantu pengguna untuk mempelajari aksara-aksara Jepang, sehingga aplikasi dapat digunakan sebagai media alternatif untuk mempelajari aksara Jepang.