Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPS melalui Model Pembelajaran Tipe Make a Match Siswa Kelas 5 SD Negeri Ketitang Wetan 01 Pati Semester 1 Tahun 2013 / 2014

Main Author: Subekti
Other Authors: Wardani, Naniek Sulistya
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar PSKGDJ FKIP-UKSW , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/5279
Daftar Isi:
  • Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah kebiasaan guru melaksanakan pembelajaran dengan berpusat pada guru. Siswa tidak terlibat dalam pembelajaran. Untuk itu perlu penggunaan model pembelajaran tipe MM untuk meningkatkan hasil belajar IPS. Dengan demikian, tujuan dari PTK ini adalah untuk mengetahui apakah peningkatan hasil belajar IPS dapat diupayakan melalui model pembelajaran tipe MM siswa kelas 5 SD Negeri Ketitang Wetan 01 Pati semester 1 tahun 2013-2014. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Model PTK yang digunakan adalah model spiral dari Kemmis, S. dan Mc Taggart, R yang dilaksanakan melalui 2 siklus. Setiap siklus dilaksanakan 2 kali pertemuan @ 2 jam pelajaran. Subjek yang digunakan adalah siswa kelas 5 SD Negeri Ketitang Wetan 01 Pati yang berjumlah 18 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, non tes dan dokumentasi. Adapun instrumen penelitiannya dengan lembar pengamatan unjuk kerja dan butir soal tes. PTK dikatakan berhasil apabila = 80% dari seluruh jumlah siswa mendapatkan skor sama atau lebih dari KKM 80. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif komparatif. Dari hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar IPS siswa kelas 5 SD Negeri Ketitang Wetan 01 Pati semester 1 tahun 2013-2014. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil perbandingan pada hasil belajar IPS antar siklus, yaitu pra siklus ketuntasan sebesar 38,89 %, siklus 1 sebesar 66,67 % dan siklus 2 sebesar 88,89%. Dengan peningkatan hasil belajar IPS yaitu dari pra siklus ke siklus 1 mengalami kenaikan sebesar 71,43%, dari siklus 1 ke siklus 2 mengalami kenaikan sebesar 33,32%, menghasilkan persentase sebesar 88,89% (kriteria keberhasilan) atau telah mencapai indikator keberhasilan yang diharapkan yaitu 80%. Disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran tipe MM yang dilaksanakan sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran meliputi menyiapkan kartu soal dan jawaban, membagi siswa dan kartu menjadi 2 bagian, mencampuradukkan kartu secara acak, membagi kartu dan menjelaskan proses pembelajaran, mempresentasikan hasil pencocokan kartu, membuat kesimpulan pembelajaran, memberikan evaluasi serta menutup proses pembelajaran pada mata pelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas 5 SD Negeri Ketitang Wetan 01 Pati Semester 1 tahun ajaran 2013/2014. Berdasarkan penelitian ini, hendaknya guru mampu memilih model pembelajaran yang sesuai dengan karakter siswa, sehingga siswa termotivasi untuk belajar, sehingga siswa mampu memahami materi pelajaran dengan suka cita. Dalam hal ini guru dapat mencoba model pembelajaran tipe MM.