Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika Penjumlahan Bilangan Bulat melalui Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Siswa Kelas V SDN 4 Bulungkulon Kudus Semester I Tahun 2013/2014
Main Author: | Rahayu, Dwi Kusmi |
---|---|
Other Authors: | Wardani, Naniek Sulistya |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar PSKGDJ FKIP-UKSW
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/5267 |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui apakah peningkatan hasil belajar matematika dapat diupayakan melalui model pembelajaran GI siswa kelas V SDN 4 Bulungkulon Kudus Semester 1 Tahun 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Model PTK yang digunakan adalah model spiral dari Kemmis, S. dan Mc Taggart, R yang dilaksanakan dalam 2 siklus, yang terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan dan pengamatan, serta refleksi. Variabel penelitian ini menggunakan dua variable yaitu model pembelajaran GI dan hasil belajar matematika. Teknik pengumpulan data menggunakan non tes dan tes. Adapun instrumen penelitiannya dengan lembar pengamatan unjuk kerja siswa dan guru serta butir soal tes. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif komparatif yaitu perbandingan antar siklus dengan menggunakan tabel distribusi frekuensi, diagram lingkaran dan perhitungan persentase. Dari hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas V SDN 4 Bulungkulon Kudus Semester 1 Tahun 2013-2014 dengan kompetensi dasar 1.3 melakukan operasi hitung campuran bilangan bulat setelah menggunakan model pembelajaran GI. Skor maksimal pada prasiklus yaitu 70, siklus I 90 dan siklus II 100. Skor minimal juga mengalami kenaikan dari pra siklus yaitu 30, siklus I 40 dan siklus II sebesar 70. Skor rata-rata juga mengalami kenaikkan pra siklus sebesar 61,24, siklus I sebesar 68,07 dan siklus II sebesar 91,15. Pembelajaran peningkatan hasil belajar dari pra siklus ke siklus I sebesar 18,17 %, pra siklus ke siklus II sebesar 127,35 %. Jadi peningkatan hasil belajar yang diperoleh sebesar 90% melebihi indikator kata keberhasilan yang ditetapkan sebesar 100%. Dengan demikian PTK yang dilaksanakan telah berhasil. Mendasarkan pada hasil penelitian, maka disarankan bahwa untuk guru agar menggunakan model pembelajaran GI dalam pembelajaran matematika SD untuk KD 1.3 melakukan operasi hitung campuran bilangan bulat agar terjadi perbaikan pembelajaran serta meningkatkan hasil belajar matematika siswa.