Peningkatan Hasil Belajar IPA dengan Penerapan Model Pembelajaran “Inquiry Discovery” pada Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Kajar Dawe, Kudus Semester 1 Tahun 2013/2014

Main Author: Murkati
Other Authors: Harjono, Nyoto
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar PSKGDJ FKIP-UKSW , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/5256
Daftar Isi:
  • Hasil belajar siswa kelas IV SDN 1 Kajar Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus, kurang. Kekurangan dalam pembelajaran IPA ini terlihat dari rendahnya hasil belajar siswa sebesar 37,5% (hanya 6 siswa) yang tuntas, sedangkan yang 10 siswa belum tuntas dengan rata-rata sebesar 63,75 di bawah KKM IPA yaitu sebesar 70. Untuk mengatasi masalah rendahnya hasil belajar siswa maka penulis melakukan penelitian tindakan kelas dengan menerapkan model pembelajaran inquiry discovery. Proses pembelajaran merupakan suatu rangkaian kegiatan yang mempunyai tujuan, yaitu diperolehnya hasil belajar pada diri siswa. Hasil belajar itu berupa perubahan tingkah laku, baik berbentuk kecakapan berpikir, sikap maupun keterampilan melakukan suatu kegiatan tertentu. Tujuan penelitian tindakan kelas ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA melalui model pembelajaran inquiry discovery pada siswa kelas IV SDN 1 Kajar Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus Tahun Pelajaran 2013/2014. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, implementasi tindakan, observasi dan refleksi. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pada bulan Agustus sampai dengan November 2013. Yang menjadi subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 1 Kajar Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus Tahun Pelajaran 2013/2014 dengan jumlah siswa 16 terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan. Data yang sudah terkumpul dianalisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran inquiry discovery yang dilaksanakan pada siklus I dan siklus II dapat meningkatkan hasil belajar IPA Pada Siswa Kelas IV SDN 1 Kajar Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus Tahun Pelajaran 2013/2014. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya hasil belajar siswa dari kondisi awal yang hanya mencapai 63,75, pada siklus I 71,25, siklus II telah mencapai 86,25 maka telah terjadi peningkatan rata-rata tiap siklus sebesar 11,25% dan ketuntasan belajar pada kondisi awal hanya 37,5%, siklus I, 68,75 % maka pada siklus II telah mencapai 93,75% artinya dari 16 siswa sebanyak 6 siswa tuntas pada kondisi awal, 11 siswa tuntas pada siklus I dan 15 siswa telah tuntas pada siklus II, sehingga hanya 1 siswa yang belum tuntas pada siklus II. Pada ketuntasan belajar terjadi peningkatan hasil belajar IPA rata-rata tiap siklus sebesar 28,125%.