Peningkatan Hasil Belajar IPS melalui Model Pembelajaran Kooperatif Picture and Picture Siswa Kelas V SD Negeri Sembaturagung 01 Pati Semester I /2013-2014

Main Author: Hendri, Pema
Other Authors: Hardjono, Nyoto
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar PSKGDJ FKIP-UKSW , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/5253
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui apakah peningkatan hasil belajar IPS dapat diupayakan melalui penerapan Model Pembelajaran kooperatif picture and picture Siswa Kelas V SD Negeri Sembaturagung 01 Kabupaten Pati Semester 1/ 2013-2014. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Model PTK yang digunakan adalah model spiral dari kurt levin yang dilaksanakan dalam 2 siklus terdiri dari perencanaan tindakan,implementasi tindakan dan observasi serta refleksi .Variabel penelitian menggunakan dua variabel, yaitu penerapan Model picture and picture dan Hasil belajar IPS.Teknik pengumpulan data menggunakan teknik non tes (skala sikap).Adapun Teknik analisis yang digunakan adalah statistik deskriptif komparatif melalui tabel, grafik, diagram lingkaran, skor maksimal, skor minimal, perhitungan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tindakan Melalui Model Pembelajaran kooperatif picture and picture dapat meningkatkan Hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri Sembaturagung 01 Pati Semester 1/2013-2014.Hal ini nampak pada hasil perbandingan skor Hasil belajar IPS antar siklus yakni skor rata-rata Hasil belajar IPS pada siklus 1 sebesar 89,85, pada siklus 2 meningkat menjadi 92,00. Skor maksimal pada siklus 1 sebesar 94, pada siklus 2 meningkat menjadi 97, sedangkan skor minimal pada siklus 1 sebesar 76, dan pada siklus 2 menjadi 81. Adapun pada siklus 1 siswa yang menduduki Hasil Belajar tinggi yaitu 20 siswa (94%), pada siklus 2 meningkat menjadi 25 siswa (100%)). Kenaikan skor hasil belajar IPS siswa yang menduduki Hasil belajar tinggi dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 12%.Mendasarkan pada hasil penelitian, maka disarankan untuk diterapkan dalam pembelajaran IPS SD untuk KD 1.3 Siswa dapat menghargai keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia guru mendesain pembelajaran dengan menggunakan Model pembelajaran picture and picture untuk memperbaiki pembelajaran dan meningkatkan Hasil belajar.