Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPS melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Siswa Kelas V SDN Kutoharjo 01 Pati Semester 1 Tahun 2013/2014

Main Author: Puspitasari, Diah Netty
Other Authors: Wardani, Naniek Sulistya
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar PSKGDJ FKIP-UKSW , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/5239
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui apakah peningkatan hasil belajar IPS dapat diupayakan melalui model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division(STAD) siswa kelas 5 SD Negeri Kutoharjo 01 Pati semester 1 tahun 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Model PTK yang digunakan adalah model spiral dari Kemmis, S. dan Mc Taggart, R yang dilaksanakan 2 siklus, yang terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan dan pengamatan, serta refleksi. Variabel penelitian ini menggunakan dua variable yaitu model pembelajaran STAD dan hasil belajar IPS. Teknik pengumpulan data dengan non tes (unjuk kerja aktivitas, kuis) dan tes. Adapun instrumen penelitian dengan lembar pengamatan unjuk kerja, butir LKS dan butir soal tes. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif komparatif yaitu perbandingan antar siklus dengan menggunakan tabel distribusi frekuensi, diagram batang dan perhitungan persentase.Dari hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri Kutoharjo 01 Pati semester 1 tahun 2013-2014 dengan kompetensi dasar “mengenal makna peninggalan-peninggalan sejarah yang berskala nasional, masa Hindu-Budha, dan Islam di Indonesia. setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil perbandingan hasil belajar antar siklus, yaitu pra siklus sebesar 40.%, siklus I sebesar 76.%, dan siklus II sebesar 92% . Hasil belajar tersebut didukung oleh aktivitas siswa dalam pembelajaran Dengan peningkatan hasil belajar yaitu dari pra siklus ke siklus 1 mengalami kenaikan sebesar 30 %, dari pra siklus ke siklus II mengalami kenaikan sebesar 92 %, (jauh dari kriteria keberhasilan yang mencapai 80 %) dan telah mencapai indikator keberhasilan yang diharapkan yaitu hasil belajar IPS yang tinggi. Mendasarkan pada hasil penelitian, maka disarankan bahwa guru hendaknyamenggunakan dan mengembangkan model kooperatif tipe STAD dalam pembelajaran IPS SDdengan SK ‘Menghargai berbagai peninggalan dan sejarah yang berskala nasional pada masa Hindu-Budha dan Islam, keragaman kenampakan alam dan suku bangsa serta kegiatan ekonomi di Indonesia.