Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Siswa Kelas V SD Negeri Kutoharjo 01 Pati Semester 1 Tahun 2013/ 2014
Main Author: | Kusmiarti, Shinta |
---|---|
Other Authors: | Wardani, Naniek Sulistya |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar PSKGDJ FKIP-UKSW
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/5238 |
Daftar Isi:
- Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Model PTK yangdigunakan adalah model spiral dari Kemmis, S. dan Mc Taggart, R yang dilaksanakan 2 siklus, yang terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan dan pengamatan, serta refleksi. Variabel penelitian ini menggunakan dua variable yaitu model pembelajaran GI dan hasil belajar matematika. Teknik pengumpulan data dengan unjuk kerja aktivitas, kuis dan tes formatif. Adapun instrumen penelitian dengan lembar pengamatan unjuk kerjaguru dan siswa, butir LKS dan 10 butir soal tes. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif komparatif yaitu perbandingan antar siklus dengan menggunakan tabel distribusi frekuensi, diagram batang dan perhitungan persentase.Dari hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri Kutoharjo 02 Pati semester 1 tahun 2013-2014 dengan kompetensi dasar melakukan operasi hitung bilangan bulat termasuk penggunaan sifat-sifat pembulatan dan penaksiran. Setelah menggunakan model pembelajaran GI. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil perbandingan hasil belajar antar siklus, yaitu pra siklus sebesar 32%, siklus I sebesar 68%, siklus II sebesar .92 % .Hasil belajar tersebutdidukung oleh aktivitas siswa dalam diskusi kelompok Dengan peningkatan hasil belajar yaitu dari pra siklus ke siklus 1 mengalami kenaikan sebesar 68 %, dari pra siklus ke siklus II mengalami kenaikan sebesar 92 %, (jauh dari kriteria keberhasilan yang mencapai 80%) dan telah mencapai indikator keberhasilan yang diharapkan yaitu hasil belajar matematika yang tinggi. Mendasarkan pada hasil penelitian, maka disarankan bahwa guru hendaknyamenggunakan dan mengembangkan model GI dalam pembelajaran matematika SDdengan SK ‘1.1 melakukan operasi hitung bilangan bulat termasuk penggunaan sifat-sifatnya pembulatan dan penaksiran”.