Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Interpersonal melalui Bimbingan Kelompok dengan Teknik Permainan pada Siswa Kelas XI IPS SMA Kristen 1 Salatiga
Main Author: | Yunita, Kristina Martha |
---|---|
Other Authors: | Dwikurnaningsih, Yari, Setyorini |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP-UKSW
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/5215 |
Daftar Isi:
- Penelitian eksperimen ini dilakukan pada siswa kelas XI IPS di SMA Kristen 1 Salatiga yang memiliki kemampuan komunikasi interpersonal yang berkategori rendah. Sampel dalam penelitian ini adalah 19 siswa kelas XI IPS yang dibagi menjadi dua kelompok, yaitu 8 siswa kelompok eksperimen dan 11 siswa kelompok kontrol. Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk menguji signifikasi meningkatkan kemampuan komunikasi interpersonal melalui bimbingan kelompok dengan teknik permainan pada siswa kelas XI IPS SMA Kristen 1 Salatiga. Dalam penelitian ini digunakan alat ukur berupa skala kemampuan komunikasi interpersonal yang disusun berdasarkan kecakapan-kecakapan komunikasi interpersonal menurut Hardjana (2007) dengan jumlah item 35 item. Pengukuran pada saat pretest dan postest menggunakan skala yang sama. Kelompok eksperimen mendapatkan perlakukan dengan bimbingan kelompok selama 8 tahap. Analisis data untuk melihat peningkatan digunakan Two Independent Sample Test (Mann-Whitney Test) yang diolah dengan menggunakan program SPSS for Widows versi 16.0. Hasil analisis penelitian diperoleh yaitu 1) Ada perbedaan yang signifikan setelah kelompok eksperimen diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik permainan dengan kelompok yang tidak diberi layanan. Hal ini didukung dengan nilai Asymp. Sign. 2-tailed sebesar 0,028<0,050. 2) Ada peningkatan kemampuan komunikasi interpersonal yang dilihat dari hasil mean rank pre test sebesar 5,44 dan mean rank post test sebesar 11,56. Hasil yang diperoleh terdapat selisih skor mean rankkemampuan komunikasi interpersonal sebesar 6,12. Maka dapat disimpulkan ada peningkatan yang signifikan kemampuan komunikasi interpersonal siswa kelas XI IPS SMA Kristen 1 Salatiga melalui bimbingan kelompok.