Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Melalui Metode Demonstrasi Berbantuan Media Animasi Kelas 5 SD N Mrisi 2 Kecamatan Tanggungharjo Kabupaten Grobogan Semester 2 Tahun Pelajaram 2013/2014

Main Author: Kurniawan, Aji
Other Authors: Wasitohadi
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/5084
Daftar Isi:
  • Latar belakang masalah dalam penelitian ini didasarkan adanya permasalahan dalam pembelajaran yang masih menggunakan metode konvensional sehingga pembelajaran kurang menarik dan guru belum menggunakan media dengan baik. Dampaknya hasil belajar IPA siswa kelas 5 kurang maksimal, masih ada siswa yang nilainya dibawah KKM 75. Oleh karena itu peneliti akan melakukan penelitian dengan menggunakan metode demonstrasi berbantuan animasi. Tujuanpenelitian untuk mengetahui apakah meningkatkan hasil belajar IPA dapat diupayakan melalui metode demonstrasi berbantuan animasi siswa kelas 5 SD N Mrisi 2 Kecamatan Tanggungharjo Kabupaten Grobogan Semester 2 Tahun Pelajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan penelitian dua siklus dengan menggunakan rencana penelitian yang dilakukan oleh Kurt Lewin yang mencakup empat kegiatan utama pada setiap siklus yaitu: 1) planning, 2) acting, 3) observing, dan 4) reflecting. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 5 SD N Mrisi 2 Kecamatan Tanggungharjo Kabupaten Grobogan Semester 2 tahun 2013/2014. Teknik pengumpulan data dengan teknik tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif komparatif yaitu membandingkan analisis persentase hasil belajar, antara siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kondisi awal berdasarkan hasil ulangan harian siswa yaitu 43,34% atau sebanyak 13 dari 30 siswa melebihi KKM yang telah ditentukan, sedangkan 56,67% atau sebanyak 17 siswa belum tuntas dengan nilai rata-rata 71,6. Sedangkan hasil tes siklus I menunjukkan peningkatan yaitu 23 dari 30 siswa atau 76,66% telah melebihi KKM 75, sedangkan 7 siswa atau 23,34% belum tuntas dengan nilai rata-rata 85,83. Hasil tersebut masih harus diperbaiki pada siklus II karena belum mencapai indikator keberhasilan minimal 85%. Dari hasil tes siklus II menunjukkan 96,66% atau sebanyak 29 siswa sudah memenuhi KKM dengan nilai rata -rata 89. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan Metode Demonstrasi Berbantuan Media Animasi dapat meningkatkan hasil belajar pada Siswa Kelas 5 SD N Mrisi 2 Kecamatan Tanggungharjo Kabupaten Grobogan Semester 2 Tahun Pelajaran 2013/2014.