Efektivitas Pembelajaran Peer Lessons terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Getasan Semester II Tahun Ajaran 2013/2014

Main Author: Rofiah, Nur
Other Authors: Wahyudi, Budiono, Inawati
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Matematika FKIP-UKSW , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/5000
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pembelajaran Peer Lessons efektif terhadap hasil belajar matematika. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain randomized control group only pascatest design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Getasan. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A yang berjumlah 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII B yang berjumlah 30 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data menggunaka teknik observasi dan tes. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah lembar observasi dan soal tes hasil belajar matematika. Instrumen tes hasil belajar matematika diuji validitasnya menggunakan validasi isi. Data dianalisis menggunakan Independent Sample T-Test pada taraf signifikan 5% (a = 0.05) untuk mengetahui homogenitas data dan untuk menguji hipotesis. Data hasil uji Independent Sample T-Test diperoleh signifikan 0,031 < 0,05 yang berarti data tidak homogen, sehingga thitung dilihat pada Equal variances not assumed yang menunjukkan nilai sig.2-tailed sebesar 0,015 yang berarti lebih kecil dari 0,05 (0,015 < 0,05). Rata-rata nilai posttest kelas eksperimen sebesar 82,77 dan kelas kontrol sebesar 71,97, sehingga dapat disimpulan terdapat perbedaan hasil tes antara kelas yang diajar menggunakan pembelajaran Peer Lessons dengan kelas yang diajar dengan pembelajaran konvensional. Perbedaan rata-rata nilai tes antara kelas ekserimen dan kelas kontrol, dimana nilai kelas eksperimen lebih tinggi dibadingkan dengan nilai kelas kontrol menunjukkan bahwa penerapan pemelajaran Peer Lessons lebih efektif terhadap hasil belajar matematika daripada pembelajaran konvensional.