Perbedaan Hasil Belajar Matematika dengan Menggunakan Model Pembelajararan Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) dan Number Head Together (NHT) pada Siswa Kelas IV SD Negeri Gugus Abiyasa Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Semarang

Main Author: Wulaningsih, Tri
Other Authors: Wahyudi, Prihatnani, Erlina
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Matematika FKIP-UKSW , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/4998
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar melalui pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan siswa yang diajar melalui pembelajaran kooperatif tipe NHT pada siswa kelas IV SD Negeri Gugus Abiyasa Kabupaten Semarang.Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain The Randomized Control Gup Pretest-Postest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri di Gugus Abiyasa Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Semarang. Teknik pengambilan sampel dengan Cluster Random Sampling, dan diperolah sampel siswa kelas IV SD Negeri Kaliwungu 02 dengan jumlah siswa 27 siswa, dan siswa kelas IV SD Negeri Rogomulyo 02 dengan jumlah 20 siswa. Terbagi menjadi kelompok eksperimen 1 yaitu TGT untuk SD Negeri Kaliwungu 02 dan eksperimen 2 yaitu NHT untuk SD Negeri Rogomulyo 02. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan lembar observasi. Pada instrumen soal tes divalidasi melalui validitas ahli dan validitas butir. Validitas butir tentang indeks kesukaran, validitas dan reliabilitas. Pengujan hipotesis menggunakan independent sample t-test untuk taraf signifikan 5% dengan uji prasyarat yaitu: uji normalitas menggunakan uji Shaphiro-Wilk. Hasil analisis data menggunakan analisis independent sample t-test menunjukan nilai signifikansi sebesar 0,040< 0,05, sehingga H0 ditolak yang berarti terdapat perbedaan antara hasil belajar matematika siswa yang diajar melalui tipe TGT dengan tipe NHT, dengan nilai rata-rata kelas eksperimen 1 yang diajar melalui tipe TGT yaitu 78,61dan rata-rata kelas eksperimen 2 yang diajar melaui tipe NHT 68,43. Sehingga dapat disimpulkan hasil belajar matematika pada siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT lebih baik dari siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT.