Perbedaan Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing dengan Tipe Talking Stick terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Tuntang Semester II Tahun Ajaran 2013/2014
Main Author: | Ratnasari, Ira |
---|---|
Other Authors: | Kriswandani, Budiono, Inawati |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Matematika FKIP-UKSW
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/4984 |
Daftar Isi:
- Identifikasi latar belakang masalah dari penelitian ini adalah siswa belum terlihat aktif dan kurang fokus mengikuti pelajaran di kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan pengaruh penggunaaan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing dengan tipe Talking Stick terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 3 Tuntang Semester II Tahun Ajaran 2013/2014. Desain eksperimen dalam penelitian ini menggunakan bentuk desain Pretest-Posttest Control Group Design. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII B dan siswa kelas VII C SMP Negeri 3 Tuntang tahun ajaran 2013/2014, kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VII C sebagai kelas kontrol.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing dengan tipe Talking Stick terhadap hasil belajar matematika siswa. Hal itu ditunjukkan dari nilai signifikansi equal variance assumed 0,000 < 0,05. Rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen yaitu 84,93 sedangkan pada kelas kontrol hasil belajar siswa yaitu 70,00, terlihat rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih baik dibandingkan dengan rata-rata hasil belajar kelas kontrol. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing lebih baik dibandingkan siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick.