Pengaruh Model Learning Cycle terhadap Hasil Belajar Matematika pada Materi Bangun Datar Siswa Kelas VII SMP Pangudi Luhur Salatiga Semester Genap Tahun Pelajaran 2013/2014
Main Author: | Winarsih, Witamini |
---|---|
Other Authors: | Wahyudi, Yunianta, Tri Nova Hasti |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Matematika FKIP-UKSW
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/4975 |
Daftar Isi:
- Proses pembelajaran yang berlangsung di kelas VII SMP Pangudi Luhur Salatiga masih berpusat pada guru dan siswa cederung pasif. Hal ini ditunjukkan dalam proses pembelajaran guru langsung memberi rumus tanpa melibatkan siswa memperoleh informasi secara luas. Rata - rata yang diperoleh dari hasil ulangan matematika menunjukkan siswa hanya mencapai 64,6 belum memenuhi KKM yaitu 70. Berdasarkan kondisi tersebut diperlukan suatu model pembelajaran yang inovatif. Model pembelajaran matematika yang sebaiknya digunakan adalah model learning cycle. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Learning Cycle terhadap hasil belajar matematika pada materi bangun datar siswa kelas VII SMP Pangudi Luhur Salatiga Semester Genap Tahun Pelajaran 2013/2014. Jenis penelitian digunakan adalah eksperimen dengan bentuk desain randomized control group only pascatest design. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Kelas VII A sebagai kelas kontrol dan kelas VII B sebagai kelas eksperimen. Sampel yang terlibat dalam penelitian ini sebanyak 24 siswa kelas VII A dan sebanyak 25 siswa kelas VII B. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Teknik analisis data menggunakan uji t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas dengan pemberian perlakuan model Learning Cycle rata-rata hasil belajar matematika sebesar 76,20, sedangkan kelas yang diajar dengan metode ceramah atau drill atau kelas kontrol rata-rata hasil belajar matematika sebesar 63,33. Perbedaan yang signifikan ditunjukkan bahwa hasil uji t sebesar 3,644 dengan signifikansi 0,001% = 0,1% < 5% maka Ho ditolak atau menerima H1. Menerima H1. maka rataan ke dua kelompok berbeda secara signifikan. Jadi terdapat pengaruh model Learning Cycle terhadap hasil belajar matematika pada materi bangun datar siswa kelas VII SMP Pangudi Luhur Salatiga Semester Genap Tahun Pelajaran 2013/2014.