Pengaruh Strategi Belajar PQ4R (Preview, Questions, Read, Reflect, Recite, and Review) terhadap Hasil Belajar Matematika pada Materi Faktorisasi Aljabar Kelas VIII SMP N 3 Banyubiru
Main Author: | Fajari, Ahmad |
---|---|
Other Authors: | riswandani, Yunianta, Tri Nova Hasti |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Matematika FKIP-UKSW
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/4958 |
Daftar Isi:
- Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi belajar PQ4R (Preview, Questions, Read, Reflect, Recite, and Review) terhadap Hasil belajar matematika pada materi faktorisasi aljabar kelas VIII SMP N 3 Banyubiru. Jenis penelitian adalah penelitian ekperimen semu. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP N 3 Banyubiru dengan populasi sebanyak 51 siswa. Pengambilan sampel dengan teknik total sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah Kelas VIIIA yang diberi perlakuan dengan menggunakan strategi pembelajaran PQ4R (Preview, Questions, Read, Reflect, Recite, and Review) dan kelas VIIIB diberi perlakuan dengan pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan dokumentasi, observasi, dan Tes. Pengujian dilakukan dengan menggunakan uji banding dua sampel untuk melihat pengaruh strategi belajar PQ4R (Preview, Questions, Read, Reflect, Recite, and Review) terhadap hasil belajar matematika pada materi faktorisasi aljabar kelas VIII SMP N 3 Banyubiru. Berdasarkan perhitungan uji banding dua sampel hasil belajar matematika diperoleh nilai sig = 0,001 < 0,05. Rata-rata hasil belajar pada kelas VIIIA adalah 82,11 dan pada kelas VIIIB adalah 59,00. Hal ini berarti dapat disimpulkan bahwa strategi belajar PQ4R (Preview, Questions, Read, Reflect, Recite, and Review) berpengaruh terhadap hasil belajar matematika pada materi faktorisasi aljabar kelas VIII SMP N 3 Banyubiru