Penggunaan Metode Evaluasi Fast Feedback Model “Tarik Ulur� dalam Pembelajaran Fisika tentang Rangkaian Seri dan Paralel

Main Author: Prasetyo, Tri
Other Authors: Sudarmi, Marmi, Noviandini, Diane
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Fisika FSM-UKSW , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/4948
Daftar Isi:
  • Tahap pengkoreksian yang sangat lama menyebabkan tidak ada waktu lagi untuk melakukan konsolidasi atau pembahasan ulang tentang materi yang kurang dipahami. Untuk mengatasi itu maka dapat digunakan metode evaluasi dengan teknik pengoreksian cepat yaitu fast feedback atau umpan balik cepat. Tujuan dari penelitian ini adalah memperoleh feedback secara cepat, mengembangkan model fast feedback yang baru yaitu metode fast feedback model “Tarik ulurâ€�, membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang menerapkan metode fast feedback model “tarik ulurâ€� dengan materi tentang rangkaian seri dan parallel, serta menguji keberhasilan pembelajaran dengan menerapkan metode fast feedback model “tarik ulurâ€� terhadap pemahaman siswa pada materi rangkaian seri dan paralel. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan guru sebagai peneliti. Sampel yang digunakan yaitu siswa kelas X yang berjumlah 25 siswa. RPP diimplementasikan di kelas. Kartu tugas yang diberikan dikerjakan secara individu. Jika jumlah siswa yang menjawab benar =70%, maka diberikan tugas baru yang lebih sulit tingkat kesulitannya. Jika belum mencapai 70% dilakukan pembelajaran. Demikian seterusnya sampai tugas selesai. Dari penelitian ini diperoleh hasil bahwa waktu yang dibutuhkankan untuk memperoleh satu siklus feedback adalah kurang dari alokasi waktu yang disediakan. Jadi metode fast feedback model “tarik ulurâ€� efektif digunakan dalam memperoleh feedback pada kelas besar sehingga kesalahan siswa dapat segera terdeteksi dan dapat dilakukan pembelajaran saat itu juga untuk memperbaiki kesalahan siswa.