Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Kancing Gemerincing untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn Siswa Kelas 7D SMP Negeri 1 Bancak Semester II Tahun Pelajaran 2013/2014

Main Author: Purnama, Samuel Eka
Other Authors: Rahardja, Widi, Koeswanti, Henny Dewi
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan FKIP-UKSW , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/4928
Daftar Isi:
  • Latar belakang dilaksanakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe kancing gemerincing karena model pembelajaran ini dapat diterapkan pada semua tingkatan kelas, mengaktifkan siswa, dan dapat mengatasi hambatan pemerataan kesempatan yang sering mewarnai kerja kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar PKn dan membuktikan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe kancing gemerincing dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas 7d SMP Negeri 1 Bancak Kecamatan Beringin, Kabupaten Semarang semester II tahun pelajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Jenis penelitian tindakan kelas dalam penelitian ini dilakukan oleh guru bekerjasama dengan peneliti (kolaborasi). Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Adapun teknik analisis penerapan model pembelajaran kancing gemerincing dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif, untuk membandingkan pencapaian hasil belajar mulai dari pra siklus, siklus I , dan siklus II digunakan teknik analisis deskriptif komparatif. Penelitian ini terdiri atas 2 siklus setiap siklusnya terdiri dari dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 7d SMP Negeri 1 Bancak yang berjumlah 29 siswa Pembelajaran dengan model kooperatif tipe kancing gemerincing dapat meningkatkan hasil belajar PKn SMP Negeri 1 Bancak kelas 7d semester 2 tahun pelajaran 2013/2014. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan hasil pada setiap siklus. Sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe kancing gemerincing atau pra siklus hanya 14 siswa dari 29 siswa yang tuntas atau 48,28%. Rata-rata yang diperoleh siswa yaitu 62,9 dari nilai KKM = 70. pada siklus I menunjukan 62,07 % atau 18 siswa mendapat nilai diatas KKM =70 dan 37,93% atau 11 siswa mendapat nilai dibawah KKM = 70. Nilai rata-rata siswa 71,38, pada siklus II menunjukan 82,76 % atau 24 siswa mendapat nilai diatas KKM =70 dan 17,24% atau 5 siswa mendapat nilai dibawah KKM = 70 dan nilai rata-rata siswa 77,55. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar sebesar 82,76% Jadi penelitian ini dikatakan berhasil karena telah mencapai indikator keberhasilan 80%. Saran dalam penelitian ini diharapkan guru dapat menggunakan model pembelajaran kancing gemerincing untuk meningkatkan hasil belajar PKn dan menambah wawasan dan penguasaan guru terhadap model pembelajaran kooperatif.