Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS Ekonomi dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Make a Match bagi Siswa Kelas VIII-H SMP Negeri 6 Salatiga Semester Gasal Tahun Ajaran 2013/2014
Main Author: | Hudi |
---|---|
Other Authors: | Ismanto, Bambang |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP-UKSW
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/4923 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja guru dalam menyampaikan bahan ajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), khususnya pada mata pelajaran Ekonomi dan meningkatkan kreatifitas siswa pada kompetensi dasar Kebutuhan Manusia dan Kelangkaan Sumberdaya, sehingga akan diperoleh hasil belajar siswa sesuai yang ditetapkan ketuntasannya di SMP Negeri 6 Salatiga. Adapun tempat yang digunakan untuk penelitian adalah siswa kelas VIII-H SMP Negeri6 Salatiga dengan materi pembelajaran Kebutuhan Manusia dan Kelangkaan Sumberdaya, pada semester gasal tahun ajaran 2013/2014. Siswa kelas VIII-H SMP Negeri 6 Salatiga sebagai subyek penelitian.Penelitian ini menggunakan model mencari pasangan dengan jumlah siswa sebanyak 28 (duapuluh delapan) siswa yang terbagi atas kelompok besar dan kelompok kecil, dan dilaksanakan dalam dua siklus. Penelitian ini diawali dengan tindakan awal yang bertujuan untuk mengetahui sejauh mana perubahan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah dilakukan tindakan. Data keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran diamati dengan lembar pengamatan aktifitas siswa, dan data temuan-temuan lain yang didapat di lapangan, serta hasil refleksi antara penguji dan pengamat analisis data yang digunakan melalui 3 tahap. Hasil analisis data dari tiap siklus digunakan sebagai dasar perencanaan tindakan untuk siklus berikutnya. Berdasarkan hasil analisis data yang terkumpul, ternyata hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam menyampaikan materi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada kompetensi dasar Kebutuhan Manusia dan Kelangkaan Sumberdaya dengan menggunakan strategi pembelajaran Make a Match, ternyata siswa lebih antusias dalam mengikuti pembelajaran dan motivasi siswa di kelas VIII-H SMP Negeri 6 Salatigalebih memahami konsep, sehingga hasil belajar pada siklus II mencapai nilai rata-rata 8,9. Sebagai seorang guru, penulis menyarankan kepada rekan sejawat agar meningkatkan kreativitas dalam menyampaikan materi pelajaran. Dengan metode make a match dapat meningkatkan hasil belajar siswa.