Hubungan antara Prestasi Belajar dan Kondisi Sosial Ekonomi Orang Tua dengan Kesiapan Menjadi Guru Profesional di Kalangan Mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP-UKSW Salatiga

Main Author: Nggaji, Selmi Rambu Ana
Other Authors: Ismanto, Bambang
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP-UKSW , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/4907
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara prestasi belajar dan kondisi sosial ekonomi orang tua dengan kesiapan menjadi guru profesional di kalangan mahasiswa PE FKIP Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga. Masalah yang dirumuskan dalam penelitian ini adalah pertama, Apakah ada hubungan antara prestasi belajar dan kondisi sosial ekonomi orang tua dengan kesiapan menjadi guru profesional di kalangan mahasiswa PE FKIP Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga. Kedua, Seberapa besar hubungan antara prestasi belajar dan kondisi sosial ekonomi orang tua dengan kesiapan menjadi guru profesional di kalangan mahasiswa PE FKIP Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga. Metode pengumpulan data yang di gunakan adalah kuesioner dan dokumentasi. Sampel dipilih menggunakan teknik stratified proportionate random sampling. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Ada hubungan positifdan signifikan antara prestasi belajar (X1) dengan kesiapan menjadi guruprofesional (Y) mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP-UKSW Salatiga koefisisen korelasinya sebesar 0,483 (positif) pada kategori sedang dan a (0,05) (0,000 < 0,05) signifikan. (2) Ada hubungan positif dan tidak signifikan antara kondisi sosial ekonomi orang tua (X2) dengan kesiapan menjadi guru profesional (Y) mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP-UKSW Salatiga dengan koefisien korelasi 0,054 (positif) pada kategori sangat rendah dan a (0,05) (0,691 > 0,05) sehingga tidak signifikan.