Hubungan antara Dukungan Sosial Orang Tua dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI TKR di SMK Negeri 1 Jambu Tahun Ajaran 2013/2014
Main Author: | Maskanah, Siti |
---|---|
Other Authors: | Tagela, Umbu, Setyorini |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP-UKSW
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/4850 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menguji signifikansi hubungan antara dukungan sosial orang tua dengan motivasi belajar siswa kelas XI TKR SMK Negeri 1 Jambu. Sampel diambil berdasarkan jumlah siswa kelas XI TKR sebanyak 127 siswa. Dari 127 siswa tersebut diambil 96 siswa yang ditetapkan berdasarkan rumus Slovin (dalam Sevilla dkk, 1993). Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah dengan menggunakan penyebaran angket. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan angket dukungan sosial orang tua berdasarkan teori House (dalam Smet,1994) dengan jumlah item 40 item dan menggunakan angket motivasi belajar berdasarkan teori Sudjana (2005) dengan jumlah item 40 item. Analisis data yang digunakan oleh penulis adalah dengan menggunakan teknik analisis korelasi Product Moment dari Pearson dengan bantuan SPSS 16.0 for windows.Dari hasil analisis data terdapat koefisien korelasi rxy= 0,553 dan nilai sig.(2-tailed) atau nilai p= 0,000< 0,05, dengan demikian dapat diartikan bahwa ada hubungan positif yang signifikan antara dukungan sosial orang tua dengan motivasi belajar siswa kelas XI TKR SMK Negeri 1 Jambu. Jadi hipotesis yang menyatakan adanya hubungan yang signifikan antara dukungan sosial orang tua dengan motivasi belajar siswa kelas XI TKR SMK Negeri 1 Jambu yang peneliti ajukan dapat diterima. Dengan berkorelasi sedang dan arah hubungan positif maka dukungan sosial orang tua berkorelasi sedang dengan motivasi belajar dan semakin tinggi dukungan sosial orang tua semakin tinggi motivasi belajar siswa, sebaliknya semakin rendah dukungan sosial orang tua maka semakin rendah pula motivasi belajar siswa.