Meningkatkan Empati melalui Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Sosiodrama Siswa Kelas X.2 SMA Negeri 1 Bringin Tahun Pelajaran 2013/2014
Main Author: | Kristianti, Ida Nur |
---|---|
Other Authors: | Dwikurnaningsih, Yari, Padmomartono, Sumardjono |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP-UKSW
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/4843 |
Daftar Isi:
- Penelitian eksperimen ini dilakukan pada siswa kelas X.2 SMA Negeri 1 Salatiga yang memiliki empati rendah. Subyek dalam penelitian ini adalah 12 siswa yang dibagi dalam dua kelompok, yaitu 6 siswa sebagai kelompok eksperimen atau kelompok yang mendapat perlakuan dan 6 siswa sebagai kelompok kontrol atau kelompok yang tidak mendapatkan perlakuan. Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk meningkatkan empati melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama pada siswa kelas X.2 SMA Negeri 1 Bringin tahun pelajaran 2013/2014. Teknik pengumpulan data menggunakan alat ukur berapa skala empati yang diadaptasi dari Eiseneberg (1987). Desain eksperimen pada penelitian ini menggunakan pretest-posttest Control Group Design. Kelompok eksperimen mendapatkan perlakuan dengan layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama selama 8 kali sesi pertemuan. Sedangkan untuk kelompok kontrol tidak mendapat perlakuan. Analisis data untuk melihat melihat peningkatan empati digunakan uji Mann-Whitney yang diolah menggunakan program SPSS for Windows versi 16.0. Hasil analisis diperoleh hasil p = Asymp Sig 0,003 < 0,050, sehingga ada perbedaan yang signifikan empati antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol setelah kelompok eksperimen diberi layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama. Berdasarkan rata-rata mean rank sebelum dan sesudah treatment ternyata ditemukan adanya peningkatan yang signifikan pada empati siswa kelas X.2 SMA Negeri 1 Bringin melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama. Terbukti dari hasil mean rank sebelum eksperimen 6,75dan setelah eksperimen menjadi 9,50. Berdasarkan hasil analsis data tersebut, maka layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama dapat meningkatkan empati siswa kelas X.2 SMA Negeri 1 Bringin tahun pelajaran 2013/2014.