Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPA dengan Penggunaan Alat Peraga Melalui Model STAD Bagi Siswa Kelas V Semester I SD Negeri Keputon 02 Kecamatan Blado Kabupaten Batang Tahun Pelajaran 2013/2014
Main Author: | Handoko, Slamet |
---|---|
Other Authors: | Sanoto, Herry |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar PSKGDJ FKIP-UKSW
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/4530 |
Daftar Isi:
- Berdasarkan hasil penelitian di kelas V SD Negeri Keputon 02, bahwa saat proses pembelajaran guru hanya menggunakan metode ceramah maka siswa kurang antusias akibatnya hasil belajar siswa sangat rendah. Upaya yang digunakan oleh peneliti untuk memecahkan masalah diatas dengan penggunaan alat peraga melalui model pembelajaran STAD. Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar siswa kelas V Semester 1 SD Negeri Keputon 02 Kecamatan Blado Kabupaten Batang tahun Pelajaran 2013/2014, pada pembelajaran IPA tema alat pencernaan manusia. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di kelas V SD Negeri Keputon 02, Kecamatan Blado Kabupaten Batang dengan jumlah siswa ada 10 siswa, yang terdiri dari 4 siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan. Adapun tahapan tindakan pembelajaran yang dilakukan peneliti untuk mencapai tujuan adalah perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan alat peraga melalui model pembelajaran STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa, sehingga model ini dapat di jadikan alternatif pilihan pada pembelajaran IPA.