Penerapan Metode Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Matematika Kelas 2 Semester II Tahun 2012/2013 di Sekolah Dasar Negeri Sidorejo Lor 1 Salatiga Kecamatan Sidorejo Lor
Main Author: | Rakanda, Briyan Cahya |
---|---|
Other Authors: | Agustin, Atalya |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/4490 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar efektivitas penerapan metode Snowball Throwingterhadap hasil belajar Matematika kelas 2 SD Sidorejo Lor 1 Salatiga. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan variabel terikat hasil belajar Matematika dan variabel bebasnya adalah penerapan metode Snowball Throwing. Subjek penelitian sebanyak 48 siswa yang terdiri dari 24 siswa kelas 2 A SD Sidorejo Lor 1 Salatiga sebagai kelas eksperimen, dan 24 siswa dari kelas 2 B SD Sidorejo Lor 1 Salatiga sebagai kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data terdiri : (1) nilai awal dari pre test kelas eksperimen dan nilai pre test kelas kontrol, (2) nilai akhir setelah diberi perlakuan yaitu nilai post test kelas eksperimen dan nilai post test kelas kontrol. Data dianalisis dengan menggunakan analisis independent sample t-test pada taraf signifikansi 5% dengan bantuan program penghitungan statistik SPSS for windows version 17, uji t ini digunakan untuk mengetahui perbedaan nilai rata-rata kelas eksperimen dan rata-rata kelas kontrol. Hasil penelitian ini adalah penerapan metode Snowball Throwing lebih efektif digunakan dalam meningkatkan hasil belajar Matematika daripada menggunakan metode pembelajaran konvensional. Hasil analisis independent sample t-test menunjukkan bahwa terdapat signifikansi 0,013 < 0,05. Dari hasil tersebut dapat diambil keputusan bahwa ada perbedaan hasil belajar Matematika pada siswa yang diberi perlakuan berupa penggunaan metode Snowball Throwing dan siswa yang diberi perlakuan metode pembelajaran konvensional. Hasil belajar Matematika pada siswa kelas 2 SD Sidorejo Lor 1 Salatiga dengan menggunakan metode Snowball Throwing lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar Matematika pada siswa kelas 2 SD Sidorejo Lor 1 Salatiga dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional dan metode Snowball Throwing lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar Matematika