Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 4 pada Mata Pelajaran IPS dengan Menggunakan Pendekatan Inquiry dalam Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) di SDN 1 Gentan Kecamatan Kranggan Kabupaten Temanggung Semester II Tahun Ajaran 2012/2013

Main Author: Lestiyarini, Kristina Budi
Other Authors: Pirenomulyo
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/4485
Daftar Isi:
  • Rumusan masalah dari penelitian ini adalah Apakah penggunaan pendekatan inquiry dalam model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas 4 pada pembelajaran IPS di SD Negeri 1 Gentan, Kecamatan Kranggan, Kabupaten Temanggung? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dengan penggunaan pendekatan inquiry dalam model pembelajaran Contextual Teaching and Learning(CTL) pada siswa Kelas 4 di SD Negeri 1 Gentan, Kecamatan Kranggan, Kabupaten Temanggung pada mata pelajaran IPS. Berdasarkan tujuan tersebut maka hipotesis dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran CTL diduga dapat meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran IPS kelas 4 di SDN 1 Gentan Kecamatan Kranggan Kabupaten Temanggung. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas model Kemmis dan Mc Taggart dengan langkah perencanaan, pelaksanaan dan pengamatan serta refleksi yang dilaksanakan dengan tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 4 SDN 1 Gentan Kecamatan Kranggan Kabupaten Temanggung sebanyak 22 siswa. Teknik pengumpulan data tes formatif. Siklus I terdiri dari 3 pertemuan sedangkan siklus II dan III terdiri dari 2 pertemuan. Hasil analisis menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar dari kondisi Pra Siklus ke Siklus I, dari Siklus I ke Siklus II dan dari Siklus II ke Siklus III setelah dilakukannya tindakan menggunakan pendekatan inquirydalam model pembelajaran Contextual Teaching and Learning(CTL). Pada kondisi awal ketika belum diadakannya tindakan,Ketuntasan Hasil Belajar sebelum dilaksanakannya perbaikan pembelajaran adalah 40%, sedangkan pada Siklus I Ketuntasan Hasil Belajar mengalami peningkatan menjadi 55%, pada Siklus II Ketuntasan Hasil Belajar meningkat menjadi 73% dan pada Siklus III Ketuntasan Hasil Belajar meningkat menjadi 95%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui pendekatan inquiry dalam model pembelajaran Contextual Teaching and Learning(CTL) dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPSSDN 1 Gentan Kecamatan Kranggan Kabupaten Temanggung Semester II Tahun Ajaran 2012/2013.