Upaya Peningkatan Partisipasi dan Prestasi Belajar IPA Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Siswa Kelas 4 SDN Tlogo Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang Semester II Tahun Ajaran 2012/2013

Main Author: Reno, Agus
Other Authors: Slameto
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/4479
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah partisipasi dan prestasi belajar IPA siswa kelas 4 SDN Tlogo Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang dapat ditingkatkan dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah semester II tahun ajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Model PTK yang digunakan adalah model Hopkins yang dilaksanakan melalui dua siklus, masingmasing siklus memuat dua pertemuan, dengan tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan dan observasi, serta refleksi. Variabel penelitian terdiri dari tiga variabel yaitu partisipasi belajar, prestasi belajar dan model pembelajaran berbasis masalah. Teknik pengumpulan data dengan teknik tes dan non tes (observasi).Instrumen pengumpulan data menggunakan butir-butir soal tes dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif komparatif yaitu membandingkan persentase partisipasi belajar dan prestasi belajar antar siklus yang meliputi peningkatan partipasi belajar dan peningkatan ketuntasan (prestasi) belajar antar siklus. Hasil penelitian menunjukkanadanya peningkatan partisipasi dan prestasi belajar IPA siswa kelas 4 SDN Tlogo Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang. Setelah diberikan tindakan pembelajaran berbasis masalah,persentase partisipasi tinggi pada siklus I siswasebesar 56,7% dan siklus II 100%. Disamping itu, terjadi juga peningkatan prestasi belajar siswayang ditunjukkan oleh kenaikan persentase ketuntasan belajar siswa.Sebelum tindakan siswasebanyak 7 siswa (23.3%).Setelah diberikan tindakan pada siklus I, terjadi peningkatan jumlah yang tuntas menjadi 17 siswa (56.7%). Pada siklus II terjadi peningkatan jumlah yang tuntas menjadi 30 (100%). Jadi, prestasi belajar dan partisipasi dapat meningkat melalui model pembelajaran berbasis masalah pada siswa kelas 4 SDN Tlogo Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang semester II tahun ajaran 2012/2013 dengan kompetensi dasar (KD) mendeskripsikan perubahan kenampakan bumi. Mendasarkan pada hasil penelitian ini, maka disarankan kepada para guru IPA untuk menerapkan model pembelajaran berbasis masalah dalam pembelajaran IPA SD. Model pembelajaran ini dapat meningkatkan partisipasi belajar siswa dalam belajar