Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPA Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament(TGT) pada Siswa Kelas 4 Semester II SDN Tlogo 01 Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2012/2013

Main Author: Nakia, Agustinus Turus
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW , 2014
Subjects:
TGT
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/4472
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilaksanakan,, karena kenyataan ketuntasan belajar siswa kelas 4 SDN Tlogo 01 Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang, pada mata pelajaran IPA. Sebelum tindakan, diketahui bahwa 20 (54.1%) yang belum lulus KKM. Karena itu, tujuan yang hendak dicapai dengan penelitian ini adalah mengetahui upaya peningkatan hasil belajar IPA melalui model pembelajaran kooperatif tipe Teams-Games-Tournament(TGT) pada siswa kelas 4 SDN Tlogo Kec Tuntang Kabupaten Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan, yang didesain dalam dua siklus. Masingmasing siklus dilaksanakan dalam dua pertemuan. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes. Instrumen pengumpulan data yaitu lembar observasi dan soal pilihan ganda. Teknik analisa data dilakukan dengan cara persentase untuk data kuantitatif seperti hasil belajar siswa, dan dilakukan dengan cara deskriptif untuk data kualititif seperti hasil observasi kinerja guru dan aktivitas siswa dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa sebelum tindakan adalah 17 siswa (45.9%). Setelah diberikan tindakan pada siklus I, meningkat menjadi 25 siswa (67.6%). Setelah dilaksanakan tindakan pada siklus II meningkat menjadi 37 siswa (100%). Siswa yang belum tuntas sebelum tindakan, berjumlah 20 siswa (54.1%). Setelah diberikan tindakan pada siklus I, menurun menjadi 12 siswa (32.4%). Setelah dilaksanakan tindakan pada siklus II menurun menjadi tidak ada lagi siswa yang belum tuntas. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa upaya peningkatan ketuntasan belajar IPA siswa kelas 4 SDN Tlogo Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TGT, berhasil.