Peningkatan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Pada Siswa Kelas 4 SD Negeri Werdoyo Kecamatan Godong Kabupaten Grobogan Semester II Tahun Pelajaran 2012/2013
Main Author: | Lestari, Liana Suci |
---|---|
Other Authors: | Agustin, Atalya |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/4418 |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar matematika pada siswa kelas 4 SD Negeri Werdoyo Tahun Pelajaran 2012/2013. Penelitian ini dilakukan di kelas 4 SD Negeri Werdoyo. Siswa kelas 4 SD Negeri Werdoyo yang terdiri dari 35 siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus, setiap siklus terdiri dari tiga kali pertemuan. Instrumen untuk pemerolehan data dalam penelitian ini adalah observasi motivasi belajar, angket motivasi belajar dan tes evaluasi hasil belajar Matematika dengan materi bangun ruang sederhana dan jaring-jaring bangun ruang kubus dan balokyang dilakukan pada setiap akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran PMRI dapat meningkatkan motivasi belajar. Berdasarkan hasil observasi, motivasi belajar siswa meningkat sebesar 30,29 (baik). Sedangkan berdasarkan hasil angket, motivasi belajar siswa meningkat 13,2 (baik). Selain meningkatkan motivasi belajar, PMRI juga meningkatkan hasil belajar. Hasil belajar siswa meningkat sebanyak 94,29%. Penerapan PMRI mempengaruhi motivasi dan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil dari uji korelasi, pada siklus I korelasi antara motivasi belajar dan hasil belajar didapat nilai koefisien korelasi sebesar .737 (kuat), sedangkan pada siklus II sebesar .700 (kuat). Penerapan model PMRI dalam pembelajaran matematika di kelas 4 SD Negeri Werdoyo didukung dengan skor motivasi belajar dan hasil belajar siswa yang telah diuraikan di atas menunjukkan bahwa penerapan langkah-langkah PMRI dapat meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa. Saran yang diajukan adalah hasil penelitian ini dapat memberikan pengalaman cara belajar yang baru bagi siswa dan meningkatkan prestasi belajarnya, menumbuhkan semangat belajar siswa, meningkatkan keaktifan siswa dalam proses belajar mengajar, meningkatkan motivasi daya tarik siswa terhadap pembelajaran terutama pada pelajaran Matematika