Peningkatan minat dan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) siswa kelas 5 SD Negeri 03 Lajer Kecamatan Penawangan, Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2012/2013
Main Author: | Pradita, Ariyanti |
---|---|
Other Authors: | Agustin, Atalya |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/4415 |
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitiantindakan kelas (PTK) ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) dapat meningkatkan minat dan hasil belajar matematika siswa Sekolah Dasar. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan pemberian angket minat dan tes evaluasi kepada siswa kelas 5 SD Negeri 03 Lajer pada prasiklus, siklus 1 dan siklus 2 setiap akhir pertemuan. Data kedua hasil tersebut dapat digunakan untuk mengetahui peningkatan hasil minat dan hasil belajar siswa. Kemudian di uji correlasion spearman dengan bantuan program perhitungan SPSS for window versi 17,0 untuk mengetahui adanya hubungan antara minat dan hasil belajar siswa. Dari hasil uji korelasi pada pasiklus, siklus 1 dan siklus 2 menunjukkan adanya hubungan antara minat dan hasil belajar dengan tingkat signifikansi yang diperoleh > 0,05. Sedangkan untukmengetahui peneran langkah yang meningkatkan minat dan hasil belajar selain pemberian angket minat dan tes evaluasi digunakan teknik pengumpulan data berupa observasi siswa. Dalam observasi siswa ini dilakukan setiap pertemuan pada siklus 1 dan siklus 2. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas 5 SD Negeri Lajaer 03. Hal tersebut ditunjukkan dengan hasil minat pada prasiklus 41,17%, siklus 1 diperoleh 67,65%, siklus 2 diperoleh 85,29%. Untuk hasil kentuntasan belajar siswa pada prasiklus 38,23%, siklus 1 diperoleh 55,89%, siklus 2 diperoleh 85,29%. Tingkat hubungan minat dan hasil belajar prasiklus 0,979 dengan tingkat hubungan sangat kuat, siklus 1 adalah 0,954 dengan tingkat hubungan sangat kuat, siklus 2 adalah 0,810 dengan tingkat hubungan sangat kuat. Hal ini membuktikan adanya hubungan antara minat dan hasil belajar. Sedangkan untuk langkah penerapan yang mempengaruhi peningkatan minat adalah langakh nomor 1 yaitu tentang pemberian masalah konteks diawal pelajaran. Langkah penerap an yang mempengaruhi peningkatan hasil belajar adalah langkah nomor 4 tentang interaktivitas siswa. Dengan demikian dikatakan bahwa model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) dapat meningkatkan minat dan hasil belajar matematika siswa kelas 5 di SD Negeri 03 Lajer Kecamatan Penawangan, Kabupaten Grobogan.