Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas 5 SD Negeri 2 Danyang Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2012/2013
Main Author: | Mardianawati, Dwi Eny |
---|---|
Other Authors: | Agustin, Atalya |
Format: | application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/4413 |
Daftar Isi:
- Penilitian tindakan kelas yang menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart dengan langkah perencanaan, tindakan, dan refleksi yang dilaksanakan dengan dua siklus, pada setiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together(NHT) dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA pada siswa Kelas 5 SD Negeri 2 Danyang Kebupaten Grobogan Semester 2 Tahun Pelajaran 2012/2013. Pada kondisi awal hasil belajar siswa Kelas 5 sangat rendah khususnya dalam mata pelajaran IPA. Diketahui pada hasil belajar siswa pra siklus nilai rata-rata yang didapat yaitu 72,25, dan motivasi 72,3. Jadi pada pra siklus diketahui sebanyak 32 siswa terdapat 21 siswa yang dapat menguasai materi pembelajaran IPA dengan persentase sebesar 65,5%, sedangkan 11 siswa nilainya kurang dari KKM. (KKM=70). Setelah diketahui kondisi awaldidapat hasil belajar dengan menggunakan penerapan model pembelajara kooperatif tipe Numbered Heads Together(NHT) pada siklus 1 nilai rata-rata hasil belajar siswa yang didapat yaitu 78,5 dan motivasi 73,8. Pada siklus 1 ini masih terdapat siswa yang belum tuntas memenuhi nilai KKM yaitu sebanyak 6 siswa dengan persentase sebesar 18,8%. Sedangkan pada siklus 2 nilai rata-rata hasil belajar siswa yang didapat yaitu 84,4 dan motivasi 74,4. Pada siklus 2 sebanyak 32 siswa sudah tuntas dengan hasil belajar yang sudah ditentukan yaitu KKM=70. Jadi dari penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together(NHT) dapat meningkatkan hasil belajar dan motivasi siswa Kelas 5 SD Negeri 2 Danyang semester 2 Tahun Pelajaran 2012/2013. Disarankan agar guru menggunakan model pembelajaran selama proses belajar, salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT, dengan memberikan motivasi kepada siswa untuk memperbaiki pembelajaran supaya mendapatkan hasil belajar yang lebih baik