Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Problem Solving Dengan Permainan Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Iv Sd N Dadapayam 01 Dan Sd N Dadapayam 02 Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang Semester Ii Tahun Pelajaran 2012/2013
Main Author: | Handiko, Gesang |
---|---|
Other Authors: | Pirenomulyo |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/4404 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan antara model pembelajaran Problem Solving dengan permainan dan model pembelajaran problem solving dengan gambar terhadap hasil belajar matemaika siswa kelas 4 sekolah dasar. Dalam penelitian yang dilakukan digunakan desain penelitian adalah control group posttest only. Dalam penelitian yang dilakukan, kelas 4 SD N Dadapayam 01 digunakan sebagai kelas eksperimen sedangkan SD N Dadapayam 02 digunakan sebagai kelas kontrol. Analisis uji homogenitas terhadap Pretest yang dilakukan menunjukan kelas yang homogen. Analisis uji normalitas terhadap pretest yang dilakukan, data kelas dinyatakan berdistribusi normal. Uji t yang dilakukan terhadap posttest yang dilakukan terhadap kedua kelas, signifikansi(2-tailed) menunjukan angka 0.01 < 0.05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara model pembelajaran problem solving dengan permainan dan model pembelajaran problem solving dengan gambar. Dari penelitian yang dilakukan didapatkan rata –rata hasi belajar model pembelajaran problem solving dengan permainan sebesar 77,99 dan rata – rata hasil belajar model pembelajaran problem solving dengan gambar sebesar 70,57. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran problem solving dengan Permainan lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika kelas 4 SD materi pemecahan masalah pada pecahan