Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division dengan Media Diorama untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas 3 SDN Ledok 01 Salatiga Tahun Pelajaran 2012/2013

Main Author: Pratami, Feprina Pinda
Other Authors: Harjono, Nyoto
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/4362
Daftar Isi:
  • Latar belakang masalah penelitian ini adalah dalam pembelajaran IPA guru cenderung menyampaikan IPA berdasarkan konsep dan teorinya saja. Sehingga siswa menganggap pelajaran IPA bersifat hafalan saja. Banyaknya konsep-konsep yang abstrak dalam pembelajaran IPA mengakibatkan siswa beranggapan bahwa IPA itu sulit. Sehingga hasil belajar siswa rendah dengan ditunjukkan data nilai sebesar 41% siswa belum tuntas. Oleh karena iu tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model kooperatif tipe STADdengan media diorama dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas 3 SDN Ledok 01 Salatiga tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Ledok 01 Salatiga dengan subyek kelas 3 yang berjumlah 22 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Model PTK yang digunakan adalah model Kemmis dan Taggart yang meliputi tiga tahap yaitu: (1) perencanaan (planning),(2) pelaksanaan tindakan dan pengamatan (acting dan observing),dan (3) refleksi (reflecting).PTK ini menggunakan dua siklus, setiap siklus tiga kali pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes, observasi dan dokumentasi. Instrumen penelitian berupa lembar tes dan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data kuantitatif meliputi jumlah nilai, mean, nilai tertinggi-terendah dan data kualitatif meliputi total skor penilaian hasil kinerja guru dan aktivitas siswa. Indikator keberhasilan penelitian 85% atau sekitar 19 siswa harus mencapai = KKM yaitu 70. Hasil analisis data menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar IPA selama penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan media diorama. Hal ini tampak adanya peningkatan dari data kondisi awal 59% atau 13 siswa dari 22 siswa telah mencapai = KKM (70), pada siklus I meningkat menjadi 91% atau sekitar 20 siswa dari 22 siswa telah mencapai = KKM (70), dan pada siklus II 100% atau 22 siswa kelas 3 SDN Ledok 01 Salatiga tahun pelajaran 2012/2013 telah mencapai = KKM (70) semua. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan kepada guru bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STADperlu diterapkan dalam pembelajaran IPA terutama untuk meningkatkan hasil belajar. Sehingga guru termotivasi untuk meningkatkan proses pembelajaran dengan penggunaan media yang menarik siswa. Selain itu dapat digunakan sebagai referensi untuk penelitian selanjutnya pada mata pelajaran yang berbeda yang dapat meningkatkan kualitas pembelajaran mata pelajaran lainnya dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD.