Metode Self Recording untuk Menurunkan Hiperaktivftas pada Anak
Main Author: | Hapsari, Kristien Wedhar |
---|---|
Format: | Article application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Progdi Sejarah FKIP-UKSW dan Widya Sari Press Salatiga
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/4343 |
Daftar Isi:
- Widya Sari : Jumal llmiah Pendidikan, Sejarah dan Sosial Budaya. Vol. 14 No. 2, Mei 2012, p. 44-60
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode self recording dalam menurunkan hiperaktivitas anak. Self recording merupakan tahap awal dan metode kontrol diri yang merupakan bentuk dari ferapi kognitif peilaku. Peran dari terapi kognitif perilaku dengan menggunakan metode self recording adalah mengajarkan anak cara bagaimana mengembangkan strategi kognitif untuk memecahkan masalah baik masalah akademik, kognitif maupun yang berkaitan dengan hubungan interpersonal. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen single subjek design, dengan jumlah subyek dua orang anak dengan gangguan hiperaktif berusia 9 tahun yang diberi treatment dengan metode self recording. Alat yang digunakan dalam pengumpulan data adalah rating scale hiperaktivitas. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh penerapan metode self recording signifikan pada subyek yang mempunyai kemampuan intelektual rata-rata, telah mengikuti terapi dan mendapatkan dukungan dan perhatian yang besar dari keluarga