Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Menggunakan Kartu bilangan Pada Siswa SD Negeri Jatiroto 01 Kayen Pati Semester 1 Tahun 2012
Main Author: | Slamet |
---|---|
Other Authors: | Sunardi |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar PSKGDJ FKIP-UKSW
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/4321 |
Daftar Isi:
- Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah siswa masih kesulitan dalam mengerjakan soal matematika, sehingga nilai rata-rata prestasi sangat rendah. Jika dibandingkan dengan pelajaran yang lain. kemampuan daya ingat siswa, penggunaan alat peraga yang kurang maksimal, kurang terlibatnya siswa dalam proses pembelajaran, serta kurangnya kemampuan guru untuk melibatkan siswa dalam proses kegiatan belajar dan mengajar, sehingga proses kegiatan belajar mengajar kurang.penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika menggunakan metode kooperatif Group Investigation dengan bantuan kartu bilangan . Apakah dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif Group Investigation dapat meningkatkan kemampuan berhitung siswa pada pelajaran matematika pokok bahasan perkalian siswa kelas 3 Di SD Jatiroto Kayen Pati tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan metode Group Investigation. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di kelas 3 SD Jatiroto 01 Kayen Kabupaten Pati. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dengan waktu kurang lebih 2 minggu, dengan setiap siklus penelitian melalui 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini menggunakan metode kooperatif tipe Group Investigation. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan adalah Dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe group investigation, siswa yang mendapat nilai dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM 70) sebanyak 9 siswa dan yang mendapat nilai yang memenuhi KKM sebanyak 21 siswa. Kemudian naik pada siklus II siswa yang mendapat nilai dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM 70) sebanyak 4 siswa dan yang mendapat nilai yang memenuhi KKM sebanyak 26 siswa. Setelah dilakukan penelitian terbukti bahwa penggunaan metode kooperatif tipe Group Investigation dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Setelah diadakan penelitian pada pelajaran matematika dengan menggunakan kooperatif tipe Group Investigation diatas dapat dikemukakan bahwa, untuk mempermudah siswa dalam memahami konsep pemebalajaran matematika dapat digunakan kooperatif tipe Group Investigation. Siswa juga harus lebih banyak belajar dengan cara yang lebih efektif sehingga dapat meningkatkan hasil belajar. Penggunaan metode yang tepat dalam pembelajaran akan meningkatkan hasil belajar siswa.