Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning) Tipe STAD Pada Mata Pelajaran IPA Tentang Penggolongan Hewan Berdasarkan Makanannya di Kelas 4 Sekolah Dasar

Main Author: Slamet
Other Authors: Sulistari Gundo, Entri
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar PSKGDJ FKIP-UKSW , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/4320
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA tentang Penggolongan Hewan berdasarkan makanannya melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD di kelas IV SD Tegalwero Kecamatan Pucakwangi Kabupaten Pati Penelitian ini menggunakan model Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Penelitian ini dilakukan terhadap 20 siswa kelas 4 Tegalwero Kecamatan Pucakwangi Kabupaten Pati pada semester I tahun pelajaran 2012/2013. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif. Data yang diperoleh secara kualitatif adalah data observasi, data tentang efektivitas penerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Data yang diperoleh secara kuantitatif adalah data tentang hasil belajar siswa pada setiap akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA . Peningkatan ini ditunjukkan oleh rerata hasil tes siswa pada kondisi awal adalah 54 dengan tingkat ketuntasan klasikal 40% menjadi 73 nilai reratanya dengan ketuntasan klasikal 70% pada siklus I dan meningkat pada ada siklus II dengan nilai rerata 81 dengan tingkat ketuntasan klasikal 90%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif (Cooperative Learning ) tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas 4 SD Negeri Tegalwero Kecamatan Pucakwangi Kabupaten Pati semester I tahun pelajaran 2012/2013.