Penerapan Metode Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Tentang Tumbuhan Hijau Siswa Kelas 5 SD Muhammadiyah Margomulyo Pati Semester I Tahun 2012-2013

Main Author: Muhtaromah, Siti
Other Authors: Sumardjono
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar PSKGDJ FKIP-UKSW , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/4316
Daftar Isi:
  • Latar belakang penelitian ini adalah hasil belajar IPA pada siswa kelas 5 SO Muhammadiyah Margomulyo Pati dengan materi Tumbuhan Hijau siswa yang memperoleh nilai KKM sebesar 70 baru mencapai 7 anak atau sebesar 25%. Dari latar belakang masalah tersebut, kemudian dirumuskan masalah sebagai berikut: Apakah penerapan metode inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar IPA tentang tumbuhan hijau siswa kelas 5 SO Muhammadiyah Margomulyo Pati Semester I Tahun 2012/2013? Dan tujuan dari penelitian ini adalah "Untuk meningkatkan hasil belajar IPA tentang tumbuhan hijau melalui penerapan metode inkuiri pada siswa kelas 5 SO Muhammadiyah Margomulyo Pati Semester I Tahun 2012/2013". Subjek penelitian adalah siswa kelas 5 SO Muhammadiyah Margomulyo Pati berjumlah 28 orang terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Penelitian ini didesain menggunakan penelitian tindakan kelas yang ditempuh melalui 2 siklus dan masing-masing siklus terdiri dari langkah perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data dan cara pengumpulan data menggunakan instrumen lembar observasi guru dan siswa serta instrumen tes untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa. Data kualitatif dianalisis menggunakan anal isis deskriptif kualitatif dan data kuantitatif dianalisis menggunakan analisis deskriptif komparatif, yaitu membandingkan hasil tes formatif masing-masing siklus. Hasil penelitian dari masing-masing siklus meningkat. Pada pembelajaran pra siklus jumlah siswa tuntas baru 7 siswa atau 25% dan yang belum tuntas 21 siswa atau 75% dengan rata-rata klasikal 58,57. Rendahnya angka ketuntasan disebabkan karena guru belum menggunakan metode yang sesuai. Perbaikan pembelajaran pada siklus I dengan menggunakan metode inkuiri, hasil belajar meningkat dengan jumlah siswa tuntas 18 siswa atau 71,42%. Dengan rata-rata klasikal 73,21 Tindakan perbaikan pembelajaran pada siklus II dengan menggunakan metoda inkuiri yang lebih sempurna dilengkapi media pembelajaran masing-masing kelompok jumlah siswa tuntas meningkat menjadi 26 siswa atau 92,85% dengan rata-rata klasikal 80,35. Simpulan dari penelitian ini adalah melalui penerapan metode inkuiri ternyata mampu meningkatkan hasil belajar IPA tentang Tumbuhan Hijau pada siswa kelas kelas 5 SO Muhammadiyah Margomulyo Pati. Melihat peningkatan hasil belajar terebut diharapkan guru dalam mengajar hendaknya menggunakan metode inkuiri sehingga dapat menumbuhkan keaktifan siswa agar hasil belajar lebih optimal.