Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw dengan Menggunakan Kliping untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas IV SD N Bakaran Kulon 01 Semester 1/ 2012-2013 Kecamatan Juwana, Kabupaten Pati

Main Author: Pamudi
Other Authors: Ismanto, Bambang, Slameto
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar PSKGDJ FKIP-UKSW , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/4307
Daftar Isi:
  • padahal KKM dari materi menulis surat 75. Dari 46 siswa kelas IV, 22 % dapat mencapai ketuntasan dan 78 belum mencapai KKM. Ada pun tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia menulis surat melalui model pembelajaran jigsaw menggunakan kliping. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan terdiri dari dua siklus dan masingmasing siklus terdiri atas empat tahapan yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan tindakan, dan refleksi hasil pengamatan. Tiap siklus terdiri dari tiga kali pertemuan. Data yang diperoleh berupa skor atau nilai tes, terdiri atas kondisi awal, nilai siklus 1, dan nilai siklus 2. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis deskripsi komparatif yaitu membandingkan nilai kondisi awal, nilai siklus 1, dan siklus 2. Berdasarkan tindakan yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran jigsaw menggunakan kliping dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia menulis surat siswa kelas IV SDN Bakaran Kulon 01. Hasil observasi pada penggunaan model pembelajaran jigsaw menggunakan kliping, aktivitas siswa ternyata mempunyai relevansi yang baik untuk menunjang peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia menulis surat. Rata-rata tes hasil belajar Bahasa Indonesia menulis surat pada kondisi awal 60 pada siklus 1 adalah 73 dan siklus 2 adalah 83. Untuk mengintensifkan penggunaan model pembelajaran jigsaw menggunakan kliping kepada guru disarankan penelitian ini dapat dimanfaatkan sebagai panduan guru dalam pembelajaran menulis surat di pendidikan dasar. Kepada siswa penelitian ini disarankan agar dapat meningkatkan hasil belajar menulis surat maka perlu motivasi dan pengalaman baru. Kepada pihak sekolah disarankan dapat memberikan masukan pada sekolah untuk meningkatkan hasil belajar melalui penerapan model-model pembelajaran yang inovatif.