Peningkatan hasil belajar IPA tentang tumbuhan hijau membuat makanan melalui metode eksperimen siswa kelas 5 semester I SD Negeri Trimulyo 01 Juwana Pati tahun 2012 / 2013
Main Author: | Murtini |
---|---|
Other Authors: | Susiyanto |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar PSKGDJ FKIP-UKSW
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/4306 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar IPA tentang tumbuhan hijau membuat makanan siswa kelas 5 semester I SD Negeri Trimulyo 01 Juwana Pati tahun 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek yang diteliti adalah siswa kelas 5 semester I SD Negeri Trimulyo 01 Kecamatan Juwana Kabupaten Pati tahun 2012/2013. Model PTK yang digunakan model Kemmis dan Target dengan dua siklus dan langkah-langkah mulai dari perencanaan, implementasi dan observasi, sampai dengan refleksi. Teknik analisis yang digunakan statistik diskripsi yaitu distribusi frekuensi, dan skor minimal-maksimal, dan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas 5 semester I SD Negeri Trimulyo 01 Kecamatan Juwana Kabupaten Pati. Hal ini nampak pada (1) jumlah siswa yang tuntas dalam pembelajaran sebelum penerapan metode eksperimen 52 %, setelah menerapkan metode eksperimen pada siklus I sebesar 76 % dan pada siklus II sebesar 90,5 % yaitu peningkatan ketuntasan terjadi sebesar 24 % dan 14,5 %. (2) Skor rata-rata kelas dalam pembelajaran sebelum menerapkan metode eksperimen sebesar 64, setelah menerapkan metode eksperimen pada siklus I sebesar 74,8 dan pada siklus II sebesar 83,3 jadi peningkatan nilai rata-rata kelas10,8 dan 20 (3) Skor minimal dan skor maksimal dalam pembelajaran sebelum menerapkan metode eksperimen adalah 40 dan 90 , setelah menerapakan metode eksperimen pada siklus I adalah 40 dan 90 dan pada siklus II adalah 60 dan 100. Ini berarti skor minimal mengalami kenaikan. Jadi penerapan metode eksperimen dapat meningkatkan keaktifan, dan hasil belajar IPA siswa kelas 5 semesetr I SD Negeri Trimulyo 01 Kecamatan Juwana Kabupaten Pati.