Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Student Team Achievement Division pada Siswa Kelas V SDN Tlutup Trangkil Pati Semester I 2012/2013
Main Author: | Dhowi |
---|---|
Other Authors: | Slameto |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar PSKGDJ FKIP-UKSW
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/4296 |
Daftar Isi:
- Matematika merupakan ilmu universal yang mendasari perkembangan teknologi modern, mempunyai peranan penting dalam berbagai disiplin dan memajukan daya piker manusia. Hal yang melatar belakangi dilakukannya penelitian ini adalah, pada pembelajaran Matematika terutama materi operasi hitung bilangan bulat dan penghitungan FPB dan KPK pada siswa kelas V SDN Tlutup semester I 2012/2013 hasilnya masih masih belum sesuai dengan harapan. Hanya 34% siswa yang memenuhi hasil belajar sesuai dengan KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) 70. Sedangkan target ketuntasan yang ingin dicapai adalah 85 %. Peneliti ingin meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan Model Pembelajaran Student Team Achievement Division menggunakan media LKS. Peneliti merencanakan penelitian dalam skripsi ini menggunakan prinsip penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dibagi dalam 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II yang masing-masing terdiri dari 3 pertemuan. Siklus I dilaksanakan tanggal 23, 25 dan 27 Oktober 2012 sedangkan siklus II dilaksanakan 30 Oktober, 01 dan 06 November 2012. Adapun hasilnya adalah setelah dilaksanakan perbaikan pembelajaran siklus I terjadi peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa menjadi 62%. Setelah peneliti melanjutkan perbaikan pembelajaran pada siklus II hasilnya terjadi peningkatan yang signifikan yaitu ketuntasan belajar siswa telah mencapai 93%. Dengan adanya hasil yang demikian penulis merasa penelitian telah cukup memenuhi target ketuntasan yang hanya 85%. Simpulan dari penelitian adalah dengan adanya penggunaan Model Pembelajaran Student Team Achievement Division menggunakan media LKS dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SDN Tlutup Trangkil Pati semester I tahun pelajaran 2012/2013.