Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Cerita Luas Permukaan Serta Volume Prisma dan Limas pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Bringin
Main Author: | Sugiarto, Adi |
---|---|
Other Authors: | Ratu, Novisita, Nova Hasti Yunianta, Tri |
Format: | application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Matematika FKIP-UKSW
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/4282 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan mengetahui kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa dalam mengerjakan soal cerita materi luas permukaan serta volume prisma dan limas. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIIIC SMP N 1 Beringin. Peresentase tipe-tipe kesalahan siswa sebagai berikut: tipe I kesalahan karena kecerobohan atau kurang cermat sebanyak 3,92%; tipe II kesalahan dalam keterampilan proses 3,92 %; tipe III kesalahan dalam memahami soal 1 7,64%; tipe IV kesalahan dalam penggunaan notasi 31,37%. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa banyak kesalahan-kesalahan siswa dalam mengerjakan soal cerita,metode menurut Newman sangat tepat untuk menganalisis kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa SMP N 1 Beringin.