Perbandingan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas VIII di SMP Negeri 1 Getasan
Main Author: | Prasetyo, Jonet |
---|---|
Other Authors: | Sulasmono, Bambang S. |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Magister Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana FKIP-UKSW
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/4150 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan menggunakan desain penelitian Quasi Experimental Nonequivalent Control Group Design. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa pada matapelajaran matematika, setelah diajar dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD dan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Getasan, dengan dua kelas eksperimen yaitu kelas VIII A yang memperoleh perlakuan berupa Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan Kelas V III F yang memperoleh perlakuan berupa Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT. Teknik pengumpulan data menggunakan instrument tes, yang meliputi pretes dan postes. Untuk analisis data menggunakan uji beda ttest. Dari hasil penelitian menyatakan bahwa, terdapat perbedaan signifikan antara hasil belajar siswa yang diajar menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT pada mata pelajaran matematika. Nilai rata-rata hasil belajar matematika siswa yang diajar menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD lebih baik, daripada siswa yang diajar dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT.
- This research is an experimental research which uses Quasi Experimental Nonequivalent Control Group Design. The objective of this research is to find out the differences students' learning outcome on Mathematics using model Cooperative Learning STAD and model Cooperative Learning NHT. The population sample of this research is students of SMPN 1 Getasan by using two classes, class VIII A (Cooperative Learning STAD) and class VIII F (Cooperative Learning NHT). Instrument of data collection is use pre-test and post-test, and the data is analyzed using t-test. The data analysis shows that there is significant different in students' learning outcome. The students treated with Cooperative learning STAD shows better learning outcome than the students treated with Cooperative Learning NHT.