Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Snowball Throwing pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV di SDN Dukuh 02 Salatiga Semester II Tahun Pelajaran 2012/2013

Main Author: Tesa, Petronela
Other Authors: Wuryani, Emy
Format: Thesis application/pdf
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW , 2014
Subjects:
IPA
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/3876
Daftar Isi:
  • Penelitian ini berdasarkan kenyataan ketuntasan belajar siswa kelas 4 SDN Dukuh 02 Salatiga, yaitu dari total 23 siswa pada kelas 4 yang tuntas KKM adalah 13 (56.6%). Ketidaktuntasan belajar siswa disebabkan karena guru masih menerapkan model konvensial yaitu ceramah. Karena itu, penelitian ini adalah upaya meningkatkan ketuntasan belajar dengan menerapkan pembelajaran snowball throwing dalam pembelajaran IPA. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui pembelajaran snowball throwing pada mata pelajaran IPA di SDN Dukuh 02 Salatiga semester II tahun pelajaran 2012/2013. Desain penelitian ini adalah PTK, yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus memuat dua pertemuan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi pada kinerja guru dan aktivitas siswa, dan evaluasi dalam bentuk tes pada hasil belajar siswa. Teknik analisa data dilakukan untuk data kualitatif hasil observasi melalui deskripsi dan data kuantitatif hasil belajar dengan cara persentase dengan menghitung ketuntasan belajar siswa secara individual. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa sebelum dilakukan tindakan, siswa yang tuntas belajar adalah 10 (43.4%) dari 23 siswa. Pada siklus I, siswa yang tuntas menjadi 17 siswa (74%). Setelah diberikan tindakan pada siklus II, terjadi lagi peningkatan ketuntasan belajar siswa menjadi 23 (100%). Dengan demikian, maka disimpulkan bahwa upaya meningkatkan hasil belajar siswa melalui pembelajaran snowball throwing pada mata pelajaran IPA kelas 4 di SDN Dukuh 02 Salatiga Semester II Tahun Pelajaran 2012/2013, berhasil dilaksanakan. Berdasarkan pada kesimpulan dari analisis maka disarankan kepada pihak sekolah untuk menerapkan model pembelajaran bervariasi, salah satunya adalah model snowball throwing dalam pembelajaran. Guru disarankan menerapkan model snowball throwing dalam pembelajaran IPA maupun pada mata pelajaran lain. Selain itu, guru disarankan memperhatikan karakteristik tiap-tiap siswa. Siswa disarankan menerapkan pembelajaran snowball throwing pada mata pelajaran IPA materi lain atau mata pelajaran lain, dan meningkatkan kerjasama antar siswa.